Kecamatan Sukorejo ‘Smart’, Raih Trophy Musrenbang Terbaik 2015

1530
sukorejo-smart
Camat Sukorejo, Diano Vela Fery Santoso mengangkat Trophy bergilir penyelenggara terbaik Musrenbang tahun 2015 / istimewa

Sukorejo (wartabromo) – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyerahkan penghargaan berupa trophy bergilir kepada Camat Sukorejo, Diano Vela Fery Santoso lantaran Kecamatannya dikukuhkan sebagai Kecamatan terbaik penyelenggara Musrenbang tahun 2015 dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Penyerahan trophy bergilir tersebut dilakukan pada saat pelaksanaan Musrenbang Kabupaten di Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Selasa (17/3/2015).

Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan, Bambang Abimanyu mengatakan, Kecamatan Sukorejo dianggap mampu menyelenggarakan Musrenbang di wilayahnya secara tepat sesuai aturan serta target yang ditentukan.

“Kecamatan Sukorejo adalah kecamatan terbaik yang mampu menyelenggarakan Musrenbang sesuai dengan target dan aturan, disusul Kecamatan Winongan dan Kecamatan Nguling sebagai Juara III,” kata Bambang.

Camat Sukorejo Diano Vela Fery Santoso saat dikonfirmasi mengaku senang atas diraihnya penghargaan tersebut. Menurutnya, kegiatan Musrenbang yang dilakukan diwilayahnya berkat dukungan dan peran serta masyarakat desa yang cukup bersemangat dan berani bermimpi agar kecamatannya lebih maju.

Baca Juga :   477 Pemilih Ber-NIK Invalid di Pasuruan Belum Teridentifikasi

“Saat pelaksanaan, awal sampai akhir peserta musrenbangcam tetap semangat karena paham dan yakin akan tujuan pelaksanaan Musrenbang. Mereka kita dorong dan motivasi tentang pentingnya perencanaan dalam menejemen pembangunan, mensosialisasikan langsung gagasan yang disinkronkan langsung dengan fokus pembangunan bupati di tahun ketiga,” ujar Diano.

Ditambahkannya, untuk menghindari kejenuhan dan rasa bosan, pihak kecamatan mensetting kegiatan seperti acara seminar motivasi/ESQ dengan tampilan animasi pada LCD dan musik rock. Al hasil, desa saling berkompetisi dalam menyelenggarakan musrenbangdes-nya secara baik menyusul pemberian reward khusus bagi yang terbaik.

matoa-sukorejo
Pemberian penghargaan atau reward kepada penyelenggara Musrenbangdes terbaik di Kecamatan Sukorejo

“Hasil Musrenbangdes kemudian kita selaraskan dengan prioritasnya dalam pra musrenbangcam. Mereka (pihak desa) kita tekankan pikiran ke depan, andai dana desa milyaran maka muncullah daftar masalah,” terang mantan Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan ini.

Baca Juga :   Setnov Datang, Pantura Macet Panjang

Selain meraih trophy terbaik, kebahagiaan yang dirasakan oleh Kecamatan yang telah me-launching Sukorejo Sejahtera Makmur Aman Rukun Tentram ‘SMART’ ini yakni diresponnya program matoanisasi oleh Bupati yaitu penanaman pohon matoa asal papua di wilayah Sukorejo. Artinya, program tersebut masuk kluster agro yang konsekuensinya tentu didukung anggaran dan ditangani oleh SKPD terkait. Baca : Buah Beraroma Durian Berasa Rambutan Tumbuh di Sukorejo Pasuruan

“Kita berharap ke depan bisa memaksimalkan potensi dan advantange yang ada, jalur Malang-Surabaya, akses menuju kawasan wisata TSI II, akses jalan menuju calon Ibukota Bangil guna optimalisasi produktivitas perekonomian,” pungkas Diano.

Untuk diketahui, Pembangunan Kabupaten Pasuruan tahun 2016 mendatang akan difokuskan pada penyiapan tenaga kerja yang handal, guna mendukung IKM. Pemkab Pasuruan akan berkonsentrasi pada program-program prioritas, diantaranya peningkatan kesempatan kerja, perlindungan pengembangan lembaga ketenagakerjaan, pengembangan industri kecil dan menengah, pengembangan sistem pendukung usaha bagi usaha mikro kecil menengah, peningkatan kualitas kelembagaan koperasi dan pengembangan kewirausahaan maupun keunggulan kompetitif UKM. (**/yog)