Bangunan Liar di DAS Bekacak Dibongkar

301

bangunan liar dibongkarGempol (wartabromo) – Ratusan bangunan liar yang berdiri di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bekacak di Jl Wicaksono, Dusun Talun, Desa gununggangsir, kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, dibongkar, Senin (28/9/2015).

Petugas yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI dan Polri, membongkar ratusan lapak tampat pedagang kaki lima (PKL) berjualan dan sejumlah bangunan lainnya. Bahkan sejumlah bangunan milik perusahaan, seperti pagar dan pos penjagaan, yang berada di DAS Bekacak, tidak luput dari sasaran pembongkaran.

Untuk mempercepat dan mempermudah, pembongkaran dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa beckho. Dengan hentakan alat berat, ratusan bangunan liar itu langsung roboh.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Anang Syaiful Wijaya, menyampaikan bahwa pembongkaran dilakukan melalui tahapan sesuai prosedur. Sebelum dilakukan pembongkaran, pihaknya telah memberikan penjelasan kepada pemilik bangunan liar.

“Mereka sudah kami beri penjelasan. Bahkan setelah penjelasan, kami memberikan surat peringatan kepada semua pemilik bangunan yang berada di alirang Sungai Bekacak, untuk membongkarnya. Surat peringatan kami berikan hingga tiga kali,” kata Anang.

Dijelaskan, pembongkaran bangunan liar dilakukan untuk normalisasi Sungai Bekacak untuk pengairan areal persawahan di sepanjang aliran sungai itu.

“Pembongkaran ini dilakukan dengan berkoordinasi bersama Dinas Pengairan dan PU Bina Marga Jawa Timur. semuanya dilakukan sesuai prosedur yang berlaku,” pungkas Anang. (hrj/hrj).