Peringati Hari Aids, Siswa SMA Probolinggo Bagi Kondom

362

Kraksaan (wartabromo) – Ratusan pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menggelar aksi simpatik untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, (1/12/2015).

Mereka memperingatinya dengan cara membagi-bagikan pamlet, kondom dan bunga kepada warga yang melintas di sekitar depan Alun-alun Kota Kraksaan.

Pantauan di lokasi, ratusan siswa dari berbagai sekolah menengah atas tampak membagikan sebanyak 100 bunga mawar dan 100 lembar stiker yang bertuliskan ‘Stop AIDS’ dan ‘World AIDS DAY’.

Selain itu, mereka juga membagikan kondom kepada pengendara yang lewat. Serta membagikan lembar brosur yang berisi imbauan agar warga menjauhi AIDS, bukan justru menjauhi penderitanya.

Mereka juga membawa sejumlah poster yang bertulisan himbauan agar masyarakat bijak dalam bergaul.

“Kami ingin masyarakat dan generasi kami sadar akan bahaya HIV-Aids. Mengajak kepada semuanya untuk hidup sehat dan jauhi hal-hal negatif yang dapat menjadi media penyebaran penyakit ini. Sehingga, kami menjadi generasi yang sehat dan mampu membangun bangsa ini dengan baik,” ujar Indah, salah satu siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengatakan kegiatan membagi-bagikan bunga merupakan salah satu kepedulian terhadap penderita AIDS di Kabupaten Probolinggo. Selain itu, dengan aksi simpatik ini, masyarakat bisa mencegah penyakit berbahaya tersebut. Caranya, membaca panduan pencegahan dalam brosur yang disebarkan.

“Kami mengajak masyarakat Kabupaten Probolinggo agar menghindari penyakit AIDS ini. Dengan melibatkan pelajar, kami berharap pelajar sadar diri akan bahaya penyakit ini. Dengan mempunyai pengetahuan yang cukup,  mereka dapat membentengi dirinya serta mentranfer ilmu itu kepada masyarakat sekitarnya,” terangnya. (saw/yog)