Kembali Menggeliat, Puluhan Pendaki Naik Arjuno dari Tretes

340
Pendaki antri mendaftar di pos perijinan Tretes, Prigen, Sabtu (12/12/2015) dini hari. Gesang A Subagyo (wartabromo)

Prigen (wartabromo) – Pendakian Gunung Arjuno-Welirang kembali menggeliat setelah beberapa bulan ditutup karena kebakaran. Setiap hari pendaki dari berbagai daerah datang naik ke Arjuno.

Pendaki yang masuk melalui jalur Tretes, Prigen, Pasuruan, mengalir sejak Jumat siang hingga Sabtu (12/12/2015) dini hari. Mereka datang berkelompok terdiri dari 10-14 orang. Usia mereka rata-rata 17-25 tahun dan banyak yang belum pernah melakukan pendakian ke Arjuno maupun Welirang.

Salah satu kelompok yang mendaki Sabtu dini hari berasal dari SMAN 7 Surabaya. Kelompok ini terdiri dari 12 yang hampir separuhnya belum pernah baik ke Arjuno.

“Diantara kami sudah banyak yang pernah ke puncak (Arjuno), jadi bisa membantu yang belum pernah,” kata Ahmad Firmasyah, salah seorang pendaki dari SMA 7 Surabaya.

Selain kelompok tersebut, beberapa kelompok lain antri mendaftar di pos perijinan.

Irwan Syamsudin, petugas pos perijinan, mengatakan sudah mendaftar lebih dari 65 pendaki yang masuk ke Arjuno.

“Hari ini lebih dari 60 pendaki pendaftar. Itu di pos sini, belum di pos Malang, Batu dan lainnya, kalau ditotal bisa ratusan,” kata Irwan.

Setiap pendaki yang mendaftar dikenai biaya Rp 8200. “Rp 5000 ke Tahura, Rp 3000 ke BKSDA dan Rp 200 untuk asuransi,” pungkas Irwan. (fyd/fyd)