Pencak Silat dan Bantengan Meriahkan Grebeg Maulud Purwosari

931
Foto: M Bustomi

Purwosari (wartabromo) – Grebeg Maulud tengah digelar di Dusun Kembang Kuning Desa Sengonagung, Jum’at (25/12/15). Pawai tersebut diselenggarakan oleh Karang Taruna Kembang Kuning.

Ketua panitia Grebeg Maulud, Firyus, mengatakan acara tersebut sengaja digelar untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. “Grebeg Maulud ini digelar sebagai peringatan kelahiran Nabi besar Muhammad SAW.”

Pantauan wartabromo.com, peringatan maulud tersebut dirayakan dalam bentuk pawai yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Diantaranya ialah beberapa tokoh masyarakat dan warga setempat. Beberapa tokoh masyarakat terlihat diarak dengan pakaian khas Jawa, sedangkan warga secara bersama-sama memanggul “gunungan” yang terdiri dari buah-buahan dan jajanan tradisional.

Setelah pawai dengan menempuh sepanjang jalanan kampung, puncak pawai ditandai dengan grebegan, dimana warga nantinya akan berebut buah-buahan dan jajanan tradisional yang disusun menjadi “gunungan” tersebut.

Baca Juga :   6.314 Keluarga Kurang Mampu di Kota Pasuruan Akan Nikmati Gas Bumi

“Setiap tahun memang rutin ada Grebeg Maulud, dan itu sudah menjadi tradisi,” katanya. Firyus juga menambahkan bahwa hal itu dilakukan untuk mempererat kekeluargaan ditengah masyarakat.

Selain pawai, dalam Grebeg Maulud tersebut digelar Sholawatan dan beberapa atraksi kesenian. Diantaranya Pencak Silat dan Bantengan Turonggo Seto yang akan digelar malam (25/12) nanti. (bus/fyd)