Ingin Wisata Erupsi Bromo, Silahkan Lewat Jalur Ini

646

IMG-20151226-WA0000-650x350Pasuruan (wartabromo) – Bromo memang sedang erupsi dan mengeluarkan asap tebal disertai abu vulkanik. Namun jangan khawatir, bagi anda yang suka berwisata alam dan ingin melihat secara langsung eksotisme gunung bromo di libur akhir pekan, anda bisa melalui pintu masuk yang dibuka secara resmi oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kepala BBTNBTS, Ayu Dewi Utari mengatakan, sejumlah pintu masuk kawasan TNBTS dibuka secara resmi agar para wisatawan tetap bisa berkunjung untuk menikmati liburannya. Namun demikian, pihaknya tetap memperingatkan agar pengunjung dan wisatawan tidak memasuki zona larangan yang telah ditetapkan yakni masuk lautan pasir.

“Pintu masuk kawasan TNBTS dibuka dari arah cemaralawang – mentigen dan Wonokitri Pasuruan ke penanjakan. Tapi tidak disarankan melalui pintu malang, karena jalan ke kaldera di tutup, ” ujar Ayu melalui pesan yang dikirimkannya kepada wartabromo, Sabtu (26/12/2015).

Baca Juga :   Penangkapan Taat Pribadi Diwarnai Perlawanan Santri dan Tembakan Polisi

Menurutnya, kedua titik pintu masuk tersebut berjarak radius 3 kilometer dari kawah sehingga aman untuk dikunjungi.

“Kaldera memang tidak bisa dikunjungi tapi diganti dengan pemandangan erupsi yang luar biasa dari jarak jauh. Insyaallah aman untuk dikunjungi, ” kata Ayu.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya senantiasa menghimbau agar para pengunjung dan wisawatan tetap mematuhi himbauan pihak TNBTS agar tidak mendekati kaldera demi keselamatan pengunjung.

“Saat ini telah disiapkan posko siaga bromo di cemaralawang, di samping kantor seksi 1 TNBTS. Petugas gabungan dari TNI-Polri, TNBTS, BPBD, PVMBG, Pemda per hari kurang lebih ada 50 orang yang siap siaga, ” pungkas Ayu. (yog/yog)

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Undang Investor Kereta Gantung di Kawasan Tretes