Kabupaten Pasuruan Tambah 2000 Ha Lahan Pertanian Jagung

2264

jagungLumbang (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan memiliki 44.537 hektar (ha) lahan jagung dengan produksi mencapai 215.836 ton/tahun. Produktifitas jagung Pasuruan mencapai 5,6 ton/ha, lebih tinggi dari produktifitas jagung nasional yang sebesar 5,1 ton/ha maupun Jawa Timur yang sebesar 5,2 ton/ha.

“Meski produksi jagung Kabupaten Pasuruan lebih tinggi dari produksi nasional dan tertinggi di Jatim, pemkab akan terus berupaya meningkatkan produksi. Salah satu caranya dengan menambah luas lahan,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat panen raya jagung di Desa Banjarimbo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Selasa (29/3/2016).

Pemkab Pasuruan akan menambah 2000 hektar lahan pertanian jagung untuk menggenjot produksi. “Lahan tersebut milik PT Perhutani dan kami sudah mengajukan permohonan kerja sama dengan mengirimkan surat ke Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga :   Pengelola Arisan Facebook, Purwati : Uangnya Saya Pakai Buat Nalangi Anggota Mokong

Ia berharap permohonan lahan ke Perhutani segera membuahkan hasil sehingga masyarakat atau petani di sekitar kawasan hutan, bisa memanfaatkan lahan kosong di sela-sela pohon yang ada.

“Lahan kosong di sela-sela pohon tersebut, diyakini akan mampu menambah produksi jagung Kabupaten Pasuruan lebih besar lagi,” pungkasnya. (hrj/fyd)