Polres Pasuruan Kota Awasi Takaran BBM SPBU

364
Petugas Polres Pasuruan Kota memeriksa alat takar pompa pengisian BBM di sebuah SPBU.

Pasuruan (wartabromo) – Selama Ramadhan ini, arus kendaraan akan terus mengalami peningkatan, apalagi saat waktu mudik lebaran, kendaraan akan meningkat tajam.  Dan semua kendaraan itu, membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) agar bisa berjalan.

Terkait dengan kebutuhan BBM tersebut, pihak kepolisian di Pasuruan menggelar operasi pemantauan dan pengawasan stasiun pompa BBM umum (SPBU) di wilayahnya.

“Semua petugas kami instruksikan mengawasi dan memantau pembelian BBM di SPBU-SPBU. Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada pemilik kendaraan agar tidak terkena praktik tindak pidana kecurangan pengisian BBM. Karena Ramadhan, apalagi saat mudik justru bisa jadi kesempatan oknum-oknum di SPBU untuk berbuat nakal,” kata Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Yong Ferry Jhon, Kamis (9/6/2016).

Polisi-polisi di seluruh polsek-polsek di wilayah Polres Pasuruan Kota, terus memonitoring dan memantau SPBU-SPBU dengan menggunakan mobil patroli backbond. Bukan hanya sebatas mengawasi, pihak SPBU juga dihimbau untuk melakukan tera ulang alat ukur pengisian BBM.

Penglola SPBU kami minta agar melakukan terra berkala secara rutin alat ukur pompa BBM. Selain itu, mereka diminta elakukan himbauan kamtibmas agar memberikan pelayanan kepada konsumen sesuai dengan hak dan kewajibanya.

“Semuanya kami lakukan untuk melindungi konsumen BBM, yakni para pemilik kendaraan agar terpenuhi hak dan kewajiban sebagai konsumen. Sekaligus melakukan pencegahan tindak pidana, karena sudah banyak laporan dari masyarakat terkait praktik kecurangan SPBU,” tandas AKBP Yong.

Pengawasan polisi akan dilakukan setiap hari, terutama pada SPBU-SPBU di sepanjang jalan besar yang menghubungkan antar kota, seperti di jalur pantura.

“Intensitas pengawasan akan makin ditingkatkan saat jelang lebaran nanti. Karena arus mudik pasti makin banyak,” imbuh Kabag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Puryanto. (hrj/hrj)