Kebahagiaan Para Napi Saat Ramadan, Sering Dibesuk Keluarga

431

Pembesuk rutanBangil (wartabromo) – Bulan Ramadan menjadi kegembiraan tersendiri bagi warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Bangil, Kabupaten Pasuruan. Di bulan suci ini, mereka bisa sering berkumpul dengan keluarga.

Pada bulan puasa ini, keluarga warga binaan lebih sering datang ke Rutan. Bahkan, mereka yang jarang datang, di bulan ini menluangkan waktu untuk menemui sanak-saudaranya yang menghuni tahanan.

Mereka datang sekedar melepas rindu dan memberikan bekal makanan untuk berbuka atau sekedar ingin mengetahui keadaan keluarga maupun sanak saudara.

“Saya dari Kejayan, mau besuk teman. Mumpung puasa, mereka pasti senang dikunjungi,” kata seorang pembesuk asal Kecamatan Kejayan.

Pantauan wartabromo.com, Senin (20/6/2016), para pembesuk hilir-mudik keluar-masuk Rutan. Mereka datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan.

“Jumlah pembesuk selalu naik saat puasa. Hari sabtu yang biasanya 100 orang, sekarang bisa 200 orang. Hari sabtu memang waktunya orang membesuk,” kata Karutan Bangil, Tri Wahyudi.

Pihaknya berusaha semaksimal mungkin memfasilitasi para pembesuk yang jumlahnya meningkat saar Ramadan.

“Kita berusaha semaksimal mungkin,” ujar Wahyudi.

Selain jadi berkah bagi warga binaan, banyaknya pembesuk juga dinikmati juru parkir Rutan.

“Alhamdulillah, rejeki bertambah,” kata Kholis, juru parkir rutan. (fyd/fyd)