Pemkab dan Pemkot Pasuruan Sepakat Wujudkan Sanitasi Layak

385

Pasuruan (wartabromo) – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menghadiri panggung rakyat dan pameran program air bersih dan sanitasi di Lapangan Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Selasa (27/9/2016) malam. Keduanya menyapa ratusan warga yang memenuhi lokasi.

IMG_20160928_033700Dua kepala daerah ini langsung menuju ke 16 stand pameran Jejaring Masyarakat Air Bersih dan Sanitasi (Jemaris). Di stand-stand tersebut dipamerkan foto-foto kegiatan program IWINS (Initiatives for Watsan Improvement through Networking Support) yang sudah dijalankan di masyarakat Kabupaten dan Kota Pasuruan selama tiga tahun masa program.

Di setiap stand yang didatangi, dua kepala daerah ini mendapat sambutan hangat dari para kader Jemaris. Selain memamerkan foto-foto kegiatan ditampilkan berbagai makanan ringan produk UKM.

Jemaris ‘Mitra Manunggal’ Dusun Ngegot, Kelurahan Kebonagung, Kota Pasuruan, misalnya, menampilkan foto-foto pembangunan IPAL Komunal. “IPAL ini sangat dibutuhkan warga,” kata Humas Jemaris ‘Mitra Manunggal’ Amin Santoso.

Sementara Linawati, anggota Jemaris BPSAB Tirta Sejati Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, mengatakan “IWINS membangun jaringan air bersih di Kalianyar.”

“Di Ponpes Ngalah (Purwosari), dibangun kamar mandi satu blok,” imbuh anggota Jemaris Ponpes Ngalah, Anis Farida.

Bupati Irsyad mengatakan pihaknya sudah dan tengah melakukan berbagai program pembangunan sanitasi yang layak. Dukungan dari berbagai pihak di antaranya perusahaan-perusahaan, lembaga seperti IWINS sangat dibutuhkan.

Terkait air bersih, ia mengatakan bahwa pemerintah terus membangun instalasi pipa ke desa-desa yang rawan kekeringan. “Wilayah kabupaten sangat luas sehingga membutuhkan waktu untuk memenuhi semuanya,” katanya.

Wakil Wali Kota Raharto Teno mengucapkan terima kasih atas sejumlah program sanitasi dan air bersih yang dilakukan IWINS di Kota Pasuruan. Pemkot berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan IWINS.

“IWINS sudah membangun IPAL dan sarana air bersih di Kota Pasuruan. Kami harapkan kerjasama terus berlanjut,” kata Teno.

Kedua kepala daerah ini bersama pihak IWINS kemudian menandatangani pakta integritas untuk mewujudkan sanitasi yang layak dan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. (fyd/fyd)