Survei Kinerja Didanai Pemkab Pasuruan, LSI : Sah kan!

750

Pasuruan (wartabromo) – Lingkaran Survei Indonesia melakukan sejumlah survei untuk mengetahui elektabilitas dan tingkat kepuasan masyarakat Pasuruan terhadap kinerja Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang dilakukan pada bulan November 2016.

Salah seorang peneliti LSI, Adrian Sopa mengaku jika survei yang dilakukan oleh LSI merupakan hasil kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan untuk mengetahui kebutuhan dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

“Ya. Jadi survei ini merupakan hasil kerjasama LSI dengan Pemkab Pasuruan. Sah – sah saja kan. Ini juga kita lakukan di daerah lain, ” katanya saat dikonfirmasi wartabromo.

Dijelaskannya, ini merupakan langkah maju yang dilakukan oleh Pemkab Pasuruan untuk mengetahui sejauh mana proses pembangunan berlangsung. Sehingga ke depan bisa menyerap aspirasi lebih mudah jika ditemukan ada kekurangan.

Baca Juga :   Berguru Haditz Kepada Wong Fei Hung

IMG_20161221_082722_1482283652432

Selain tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Irsyad Yusuf sebagai Bupati Pasuruan selama 3,5 tahun terakhir. Lingkaran Survei Indonesia juga melakukan survei terhadap sejumlah isu kebijakan diantaranya kepuasan pelayanan kesehatan yang menyatakan 87,8 ℅ pelayanan kesehatan bagus. Kondisi sarana pendidikan yang menyatakan 80,5 ℅ SD bagus, 75,5 ℅ kondisi SMP bagus dan 61,8 ℅ SMA memiliki kondisi yang bagus.

Selain itu, hasil survei terhadap kondisi infrastruktur di Kabupaten Pasuruan juga menyatakan sangat baik sebanyak 4,1 ℅ dan menyatakan baik sebanyak 65,8 ℅.

Di bidang usaha, perkembangan bisnis dinilai berkembang oleh masyarakat mencapai 56 ℅.

Survei LSI dilakukan mulai tanggal 7 – 14 Nopember 2016 dengan menggunakan multistage random sampling. Adapun responden sebanyak 440 responden dan margin eror sebanyak 4,8 ℅. (yog/yog)