Dikucuri Anggaran 3,5 Miliar, Pembangunan MAN IC di Grati Siap Dimulai

1294

Grati (wartabromo.com) – Sempat tidak ada kejelasan, rencana pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Kabupaten Pasuruan bakal segera terealisasi.

Hal tersebut disampaikan Muhammad As’adul Anam, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan MAN IC tahap I (pertama) sudah disiapkan, yakni sebesar Rp 3,5 miliar yang akan dipergunakan untuk membangun perkantoran (managemen) dan beberapa ruang kelas.

“Semua anggaran berasal dari APBN tahun 2016 dan sudah ada di kami. Tinggal kami menyelesaikan beberapa proses sebelum akhirnya dibangun,” kata Muhammad As’adul Anam pada wartabromo.com, Selasa (31/1/2017).

MAN IC

Kemenag, lanjutnya, masih melakukan koordinasi dengan Kemenag Wilayah Propinsi terkait dengan SIRUP (system informasi rencana umum pengadaan). Kata Anam, sistem tersebut masih mengalami perbaikan, terutama di Kemenag Pusat, sehingga pihaknya hanya bisa menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga :   Satpol PP Tangkapi Puluhan Kambing di Pasar Bangil

“Seminggu ini kita akan berkoordinasi lagi untuk mempercepat semua tahapan. Kalau sistemnya sudah ok, maka kita akan melanjutkan ke tahapan berikutnya, yakni pendaftaran lelang, penawaran hingga pengumuman pemenang dan barulah akan dilanjutkan dengan rencana pembangunan,” imbuhnya.

Baca juga: Bangun MAN IC, Kabupaten Pasuruan Pangkas Disparitas Pendidikan Timur dan Barat

Ditargetkan, pertengahan tahun 2017 ini, pembangunan MAN IC akan mulai dilakukan. Untuk itu, Anam memohon doa kepada seluruh masyarakat agar secepatnya MAN IC akan segera hadir untuk menjadi ikon baru di Kabupaten Pasuruan.

“Yang jelas, tahun ini akan dibangun tahap I, dan tahun 2018 tahap II, sekaligus finishing,” singkatnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan MAN IC beberapa kali mengalami maju mundur. Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf telah mengalokasikan tanah seluas 10 hektar di Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati serta melakukan pengurukan dengan anggaran Rp 8 Miliar. (mil/yog)