Dihempas Angin, Rumah Warga Gending Rata dengan Tanah

769

Gending (wartabromo.com) – Angin kencang yang disertai hujan lebat terjadi di Desa Sumber Kerang, Kecamatan Gending, Senin (13/3/2017) petang. Akibatnya, sebuah rumah milik Rasad (47), warga setempat, luluh lantak dan rata dengan tanah.

Menurut Abu Shohih, Kaur Kesra Desa Sumber Kerang, mengatakan sebelum rumah itu roboh, di desanya dilanda cuaca buruk. Angin kencang tiba-tiba datang menyapu Dusun Karnin. Tak hanya angin kencang, ternyata disaat yang bersamaan hujan turun dengan intensitas tinggi.

Rupanya sapuan angin dan hujan itu, tidak mampu ditahan dengan baik oleh rumah Rasad. Akibatnya, rumah semi permanen berukuran 5X12 meter itu roboh dan rata dengan tanah. Tiang dan atap rumah patah, sementara gentingnya pecah berantakan. “Tiba-tiba saja rumah itu roboh,” tutur Abu Shohih.

Baca Juga :   Kondisi Jalan Buruk, Para Sopir Bus Keluhkan Terminal Bayuangga

IMG-20170313-WA0261

Untung pada saat kejadian, Rasad bersama istri dan empat anaknya berhasil menyelamatkan diri. Ketika ada angin besar, keluarga itu lari menuju rumah saudaranya yang tak jauh dari rumahnya. Sehingga, tak ada anggota keluarga yang menjadi korban dari rumah roboh tersebut.

Relawan TRC (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo yang mendapat laporan langsung bergerak ke lokasi kejadian.

Petugas kemudian melakukan pendataan sementara untuk mengetahui kerusakan dan kerugian yang dialami korban. Diperkirakan, korban mengalami kerugian sekitar Rp. 30 juta rupiah akibat robohnya rumah tersebut.

“Petugas kami sudah melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Kami mengimbau agar masyarakat waspada ketika terjadi angin kencang dan hujan lebat. Sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono. (saw/saw)