Peduli Sampah, Warga Pasuruan Tanam Mangrove dan Bersih – bersih Pesisir

1002

Pasuruan (wartabromo.com) – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2017, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bersama ribuan pelajar se-Kabupaten Pasuruan melakukan aksi tanam bibit mangrove dan bersih-bersih sampah Pantai di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kamis (30/3/2017) pagi.

Selain Bupati Irsyad, aksi bersih pantai itu juga dilakukan oleh Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Kapolres Pasuruan, AKBP Muhammad Aldian, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Soegiyatmono, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf bersama pengurus, serta beberapa perusahaan yang mendukung dalam hal penyediaan bibit, yakni PT Kino Indonesia Tbk.

Dari pantauan di lapangan, sebelum bersih-bersih pantai dan tanam mangrove, Pemkab Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan apel pagi di Lapangan Desa Penunggul, dan kemudian dilanjutkan penyerahan 3000 bibit tanaman penghijauan oleh Rizal Novri, perwakilan dari PT Kino Indonesia Tbk kepada Bupati Irsyad, Wabup Gagah, Ny Lulis dan segenap unsur Forkopimda.

Baca Juga :   Jalan Umbulan Rusak, Muncul Petisi Tolak Tambang Batu

IMG-20170330-WA0134

Bibit tanaman tersebut berasal dari berbagai jenis, diantaranya nangka, durian, kemiri, matoa, gemitri dan jenis lain yang akan ditanam di zona 3 Kecamatan Prigen.

Muhaimin, Kepala DLH Kabupaten Pasuruan mengatakan, aksi bersih-bersih sampah pantai adalah upaya yang saat ini tengah digalakkan demi dapat merubah wajah pantai di Kabupaten Pasuruan menjadi lebih sehat, bersih dan bebas sampah.

Sampai sejauh ini persoalan sampah di pantai masih menjadi kendala, lantaran dibutuhkan usaha keras untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di sekitar pantai.

“Meskipun susah, tapi kita tidak menyerah untuk mengajak warga pesisir peduli terhadap kebersihan sampah di laut. Pak Bupati dan Pak Wabup juga berkali-kali mengajak masyarakat pantai untuk bersih-bersih pantai, sekaligus membeli sampah pantai, dan semoga semakin lama sampah di laut kita terus berkurang dan tidak lagi ada pemandangan orang buang sampah di laut,” kata Muhaimin di sela-sela acara.

Baca Juga :   2 Hari ke Depan, Hujan Disertai Petir Hantui Pasuruan hingga Lumajang

Sedangkan untuk penanaman di kawasan wisata mangrove adalah khusus bibit mangrove, sedangkan bantuan dari PT Kino Indonesia Tbk alan ditanam di semua wilayah Kecamatan Prigen secara serentak.

Harapannya adalah agar dapat diikuti oleh semua masyarakat, minimal menjaga tanaman yang sudah ada.

“Semoga dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, masyarakat akan semakin memahami bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan adalah kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf menegaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah pantai harus dilakukan secara berkelanjutan, dengan tujuan agar semakin lama, volume sampah di sekitar pantai semakin berkurang.

“Sebenarnya kita punya pantai yang bagus, mulai dari Pasir Panjang sampai ujung, dan itu sudah kami mulai dengan bersih-bersih sampah dengan warga sekitar. Untuk itu kegiatan ini harus tetap dilaksanakan sampai pantai kita bersih dan layak untul dikunjungi,” tegasnya. (mil/yog)