PDIP Separuh Jalan, Pastikan Usung Kader Internal Bertarung di Pilkada 2018

341

Pasuruan (wartabromo.com) – Perjalanan PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan sudah separuh jalan, memantapkan diri mengusung kader dari internal untuk dapat bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 nanti. PDI Perjuangan sepertinya memastikan usung Eddy Paripurna dan Andri Wahyudi, setelah keduanya mengikuti fit and proper test oleh DPD PDI Perjuangan, kemarin.

Di struktur partai berlogo bantengĀ  moncong putih ini, Eddy Paripurna selain sebagai ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, juga duduk sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi PDI Perjuangan Jawa Timur periode 2015-2020.

Sedangkan Andri, yang juga anggota DPRD Kabupaten Pasuruan tersebut, saat ini juga menjabat sebagai ketua PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan.

Keduanya diketahui telah melalui serangkaian tahapan mulai penjaringan hingga pada Sabtu (2/9/2017) kemarin ikut dalam fit and proper test oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Timur di Surabaya.

Nama Eddy Paripurna dikatakan akan merebut rekomendasi sebagai bacabup bersama Andri Wahyudi yang sebelumnya juga telah mendaftar sebagai bacawabup.

“Iya, dengan Pak Eddy (mengikuti fit and proper test). Banyak kok, ada Bu Tantri (Bupati Probolinggo), Pak Timbul (Wabup Probolinggo), Bupati Lumajang, Bupati Mojokerto. Banyak kok,” terang Andri Wahyudi, ketua PDI Perjuangan Pasuruan, Minggu (3/9/2017).

Selanjutnya Andri tidak memungkiri, dengan rangkaian proses ini, pihaknya telah memastikan untuk mengusung calon dari internal partai, maju dalam kontestasi Pilkada 2018 nanti.

Namun dikatakan, upaya ini masih separuh jalan karena ia harus mempersiapkan diri memaparkan visi misi sebagai calon Wakil Bupati pada fit and proper test lanjutan yang dilakukan oleh DPP PDI Perjuangan.

Hanya saja, belum diketahui secara pasti kapan dilakukan fit and proper test oleh partai pimpinan Megawati ini.

“Bisa jadi minggu depan, kami belum tahu. pusat yang menjadwal,” tambahnya.

Diketahui untuk dapat maju sebagai pasangan calon di Pilkada nanti, setidaknya harus mendapatkan sokongan 25% suara atau 20% jumlah kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan.

PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan saat ini memiliki 7 kursi dari 50 jumlah anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Sehingga masih membutuhkan 3 kursi lagi untuk mencapai 10 kursi dukungan, untuk pasangan Eddy Paripurna-Andri Wahyudi bertarung di Pilkada 2018. (ono/ono)