Anas Dikabarkan Mundur, Gambar Gus Ipul-Risma Beredar Luas di Medsos

1155

Pasuruan (wartabromo.com) – Gambar pasangan calon Gubernur Saifullah Yusuf dan Wakil Gubernur Tri Rismaharini beredar luas di media sosial. Diperkirakan gambar tersebut mengemuka menyusul rencana mundurnya Abdullah Azwar Anas mendampingi Saifullah Yusuf dalam kontestasi pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Dalam gambar terlihat Saifullah Yusuf mengenakan baju koko putih, bersandingan dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dengan pakaian merah. Keduanya tersenyum dengan background kubah berwarna biru, seperti masjid Agung Surabaya.

Tidak ditemukan kalimat, yang menyatakan secara jelas sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Hanya saja, tertulis kata “Santri’, yang diperkirakan dapat dipahami sebagai akronim dari nama kedua figur terkemuka di Jawa Timur ini.

Selain itu, terdapat nama keduanya yakni Saifullah Yusuf-Tri Rismaharini 2018-2023, disambung dengan sebuah tagline Jawa Timur Makmur, Religius dan Bermartabat.

Gambar tersebut, meluas di sejumlah lini masa media sosial, terutama terus berantai tersebar di sejumlah grup WhatsApp.

Bertebarnya gambar pasangan di dunia maya ini, diperkirakan sengaja dilakukan sejumlah pihak untuk menggiring wacana perubahan penetapan pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas, sebagai kandidat di Pilgub Jatim.

Pasangan yang sudah menetapkan akronim “Puas” ini, sebelumnya cukup gencar melakukan gerilya politik dan bersosialisasi ke hampir seluruh penjuru Jawa Timur.

Bahkan, Saifullah Yusuf, yang masih menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur itu, beberapa hari lalu berada di Kabupaten Pasuruan, yang disebutnya saat itu merupakan bagian dari konsolidasi politik di daerah.

Namun, konstruksi politik jelang Pilgub, yang coba dibangun tersebut seakan-akan bubrah, setelah Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, mengkonfirmasi telah mendapat permintaan dari Anas, untuk mundur menjadi pendampingnya.

Diketahui, PDI Perjuangan dan PKB telah memantapkan diri, mengusung dua kader NU tersebut untuk maju merebut kursi nomor satu di Jawa Timur.

Sebagai Wakil Gubernur, Saifullah sempat dikatakan berpeluang sangat besar untuk menang, setelah didampingi oleh Abdullah Azwar Anas, yang saat ini sebagai Bupati Banyuwangi. (ono/ono)