Danrem 083 Ingatkan Netralitas TNI Di Tahun Politik

953

Probolinggo (wartabromo.com) – Tahun 2018 ini, sebagian besar daerah yang berada di teritorial Korem 083/Baladhika Jaya melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), seperti Kabupaten dan Kota Probolinggo. Berkaitan dengan itu, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Bangun Nawoko menegaskan netralitas TNI dalam pesta demokrasi itu.

“Seperti yang kita ketahui bersama, tahun ini adalah tahun politik. Saya ingin meyakinkan kepada anggota di Probolinggo ini untuk bisa menyiapkan, khususnya bagi yang terlibat dalam pengamanan pilkada nanti. Mereka harus tahu tugas pokok dan tanggung jawabnya masing-masing,” ujarnya memberikan penjelasan tentang tugas pokok TNI ke prajuritnya di Kodim 0820 Probolinggo, Rabu (10/1/2018).

Perwira TNI asal Temanggung, Jawa Tengah itu, meyakinkan bahwa dalam perhelatan pesta demokrasi, posisi TNI itu adalah netral. Tidak hanya netral, tapi TNI juga harus memiliki pengetahuan seperti apa netralitas. Oleh karena itu, TNI dibekali buku saku netralitas agar setiap saat bisa memedomaninya.

Baca Juga :   5 Hektar Lahan Gunung Kunci TNBTS Terbakar

Danrem mengatakan, jika ditemukan anggota TNI yang bersikap tidak netral, dirinya siap memberikan tindakan tegas sesuai koridor hukum. “TNI itu harus netral. Bila kita sudah berpihak, resikonya masyarakat tidak akan percaya sama kita. Kalau masyarakat sudah tidak percaya bagaimana kita bisa mengendalikan situasi,” tegas Bangun.

Ia pun mengajak masyarakat menyambut pesta demokrasi dengan suka cita. Caranya, dengan menggunakan hak pilih pada saat pemilu, memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing. Bangun percaya kontestan yang sudah mendaftar ke KPU hingga hari ini (terakhir pendaftaran) adalah putra-putri terbaik di Kabupaten/Kota Probolinggo dan Jawa Timur.

“Semua kontestan harus siap kalah dan siap menang. Kalau sudah (pemilu) kembali ke ritme kehidupan kita untuk menyejahterahkan masyarakat,” tutur Bangun yang saat kunjungan didampingi sang istri, Reni Wahyuni.

Baca Juga :   Awas! APBD 2015 Bisa 'Melenceng' dari Sasaran

Sebelum memberikan arahan, Danrem mendengarkan paparan Dandim 0820 Letkol Kav. Depri Rio Saransi terkait kesiapan satuannya dalam Pilkada nanti. Kemudian dilanjutkan pengarahan personil militer, PNS, Persit KCK Cabang XXXIV dan pengecekan pasukan. (saw/saw)