Cermati Kemungkinan Sungai Rejoso Meluap, BPBD Himbau Warga Waspada

945

Pasuruan (wartabromo.com) – BPBD mencermati kemungkinan luapan air Sungai Rejoso, akibat cuaca buruk, terjadi petang ini, Minggu (25/2/2018). Warga sepanjang sungai pun dihimbau waspada.

Dari pantauan radar cuaca realtime BMKG, saat ini hujan dengan intensitas cukup lebat terjadi di wilayah kawasan timur Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini hujan intens sedang-deras. Durasi 15 menit. Diperkirakan lokasi hujan adalah perbatasan Kecamatan lumbang, Pasuruan dengan Kabupaten Probolinggo,” terang Bakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan.

Dengan pencermatan data tersebut, BPBD pun mewaspadai jalur sungai rejoso, yang dimungkinkan debit airnya membesar dan meluap. Tidak disebutkan besaran debit air yang diperkirakan membesar, hingga sangat mungkin berubah menjadi bencana.

Baca Juga :   Hormati Haul Solo, Pasangan Adjib Daftar Hari Rabu 10 Januari ke KPU

Peringatan dini ini didasari adanya info dari BMKG beberapa waktu lalu, yang menyatakan bulan Pebruari 2018-Maret 2018, ditegaskan masih merupakan puncak musim hujan..

Masyarakat kemudian dihimbau tetap meningkatkan kewaspadaan, utamanya dengan mengenali tanda-tanda ketika awan mendung pekat. Lumrahnya, kondisi tersebut dibarengi dengan angin kencang

‘Mohon warga bisa memperbaiki dan menguatkan atap-atap rumah. Melakukan perampasan/memotong pohon-pohon rindang,” lanjutnya.

Hal utama lain yang perlu diperhatikan, kemungkinan sambaran petir, sehingga ia mengingatkan untuk tidak menggunakan alat komunikasi atau juga tidak berteduh d bawah pohon. (ono/ono)