Air Sumur Tercemar Limbah Pabrik, Warga Beji Terserang Gatal-gatal

1705

Beji (wartabromo.com) – Limbah pabrik aluminium milik PT. Sido Agung Alumi diduga mencemari air sumur warga. Akibatnya, warga yang berada di Dusun Luwung, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan sulit mendapatkan air bersih, bahkan menderita penyakit gatal-gatal.

Alif (70) salah seorang warga mengatakan, sudah 6 bulan terakhir, air sumur yang berada di rumahnya tercemar air limbah. Termasuk, sungai kecil di samping rumahnya yang juga tercemar limbah pabrik.

“Tiap hari saya membeli air mineral, air sumur tidak bisa dimasak dan rasanya tidak enak,” kata Alif kepada Wartabromo.com, kemarin.

Terlihat, air sungai kecil di sebelah rumah warga tersebut teraliri limbah, menjadi keruh dan menimbulkan buih berwarna putih.

Baca Juga :   Gus Irsyad Ingatkan Pimpinan Partai Tetap Bersama-sama Lakukan Sosialisasi Pasangan Adjib

“Dampak dari air limbah tersebut mengakibatkan warga saat selesai mandi gatal-gatal karena air sumur diserap air limbah,” imbuh Alif.

Diketahui, selain air sumur warga tidak bisa diminum, warga juga terserang penyakit kulit berupa gatal-gatal. Namun, warga mengaku terpaksa tetap mempergunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari selain minum, karena tidak ada sumber air lagi.

Belum ada respon, baik dari pihak pabrik maupun pihak berwenang lainnya, untuk segera memeberikan penanganan agar dampak limbah ini dapat dihentikan. (fik/may)