Jembatan Pantura Probolinggo Akan Dilengkapi Rambu

1284

Probolinggo (wartabromo.com) – Satlantas Polres Probolinggo berencana akan memasang rambu-rambu lalu lintas di tiga jembatan di jalur pantura. Selain sebagai papan informasi, rambu itu juga berisi peringatan kepada pengendara untuk lebih berhati-hati saat melintas.

Pemasangan rambu lalu lintas itu, merupakan hasil rapat koordinasi antar instansi yang berhubungan jalan trans nasional tersebut. Tiga jembatan yang akan dipasangi rambu lalu lintas itu adalah Jembatan Pajarakan, Jembatan Semampir Kraksaan dan Jembatan Paiton. Meski tiga jembatan tersebut masih layak untuk dilewati, namun antisipasi tetap dilakukan agar pengendara berhati-hati melintas.

“Akan kami pasang rambu-rambu lalu lintas, agar pengendara utamanya pengendara truk dan kendaraan besar lainnya waspada saat melewati jembatan. Karena rambu itu merupakan aspek penting untuk menginformasikan kepada pengguna jalan,” ungkap Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi, usai melakukan pengecekan jembatan, Jumat (20/4/2018).

Baca Juga :   Duga ada Kesengajaan, Kebakaran Gunung Bentar Capai 3 Ha

Selain dipasangi rambu lalu lintas yang sudah jamak, rambu juga berisi informasi, antara lain berisi panjang, tahun pembuatan dan kekuatan jembatan. Informasi itu sangat penting diketahui para pengguna jalan, terlebih para sopir kendaraan berat.

“Nanti kami akan sertakan tulisan di rambu-rambu itu, berapa berat beban atau kendaraan yang harus melintas di jembatan jalur pantura Probolinggo ini. Jadi mereka, para pengendara berhati-hati melintas di jembatan,” terang Ega.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kabupaten Probolinggo, Windardi mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Dishub Jatim, mengingat jalur pantura merupakan jalan nasional. Sehingga nantinya tidak ada tumpang tindih kewenangan.

“Tentunya kami akan berkoordinasi dengan Dishub dan PU Jatim terkait rencana ini. Kami sangat mendukung pemasangan rambu-rambu lalu lintas, supaya kejadian kecelakaan fatal dapat dihindari,” katanya. (cho/saw)