As Patah, Truk Muat Es Balok Terguling di Jalanraya Sumberasih

908

Probolinggo (wartabromo.com) – As roda patah, sebuah truk memuat es balok terguling di jalur pantura termasuk Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Rabu (9/5/2018). Meski tak mengakibatkan korban jiwa, kejadian itu membuat ratusan balok es tercecer di jalanan hingga menggangu lalu lintas.

Truk itu disopiri oleh Sudi, warga Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo itu, memuat sekitar 300 balok es dari pabrik es Arjuno. Rencananya, ratusan es balok itu dikirim ke Kabupaten Pasuruan.

Namun, ketika sampai di depan SDN Pesisir 1, truk nopol N-8995-US tersebut, mengalami patah as pasa roda belakang bagian kiri. Padahal saat itu, truk sedang melaju dengan kecepatan cukup kencang. Sudi yang memegang kemudi berusaha mengendalikan kemudi truknya. Tetapi upaya itu malah membuat truk terguling ke sisi kiri jalan.

Akibatnya 300 balok es itu, berceceran di jalan. Tak hanya itu, kecelakaan tunggal ini, sempat memacetkan arus lalu lintas di jalur pantura tersebut. Diperkirakan akibat kecelakaan tersebut, perusahaan es mengalami kerugian sekitar Rp 4 juta.

“Tadinya sudah kami pastikan kondisi truk baik-baik saja. Tapi tidak tahu, tiba tiba as belakangnya patah,” kata kenek truk, Slamet.

Kecelakaan ini, kemudian ditangani oleh unit Laka Satlantas Polresta Probolinggo. Polisi berusaha mengatur lalu lintas, agar tidak mengalami penumpukan kendaraan. “Tidak ada korban jiwa. Kecelakaan itu dipastikan karena as roda kiri belakang patah,” ujar Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP. Alpogohan..

Sementara pihak pabrik es, kemudian mengirim kendaraan pengganti, untuk mengevakuasi muatan truk yang sempat tercecer di bahu jalan. (lai/saw)