Minimalisir Kesalahan, KPU Kota Pasuruan Cek Logistik untuk Pilgub Jatim

904

Pasuruan (wartabromo.com) – KPU Kota Pasuruan lakukan cek akhir logistik untuk Pemilihan Gubernur Jatim 2018, sebelum didistribusikan ke PPK. Pengecekan melibatkan Panwaslu itu, dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan terkait kebutuhan logistik.

Pengecekan diupayakan dengan cara menghitung kembali seluruh isi dan bagian logistik, oleh seluruh jajaran KPU Kota Pasuruan, mulai PPK maupun PPS. Selain petugas jajaran, terlihat sejumlah anggota Pengawas Pemilu dari semua tingkatan turut dalam pengecekan akhir tersebut.

Komisioner KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari menegaskan, upaya ini dilakukan agar pada saat logistik didistribusikan, sudah tidak ada lagi kesalahan atau kekurangan.

Dijelaskan, dari sejumlah pengalaman Pemilihan di berbagai daerah daerah, logistik berupa surat suara, alat coblos maupun tinta penanda, kerap tertinggal, hingga menjadi persoalan pada saat pencoblosan berlangsung.

“Pengecekan logistik Pilgub Jatim ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan atau kekurangan logistik di tiap TPS, terutama jumlah surat suara,” terang Royce, di sela pengecekan, Kamis (21/6/2018)

Ditambahkan oleh Royce, kegiatan antisipasi itu dilakukan dalam kurun tiga hari, mulai 21-23 Juni 2018 mendatang.

Diketahui, saat ini KPU Kota Pasuruan telah menyiapkan seluruh kebutuhan logistik Pilgub Jatim 2018. Diantaranya 143.152 lembar surat suara/ 310 kotak suara di TPS, serta 620 bilik suara. Jumlah tersebut sesuai keseluruhan TPS untuk Pilgub Jatim 2018, yang akan digelar pada 27 Juni 2018. (ono/ono)