Resmikan Tol Rembang-Pasuruan, Jokowi Ingin Permudah Investasi

0
246


Pasuruan (wartabromo.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Rembang-Pasuruan, Jum’at (22/6/2018). Diharapkan jalan tol termasuk Gempol – Pasuruan Seksi II tersebut dapat mempermudah investasi.

Dalam sambutannya didepan para tamu undangan dan awak media. Presiden Jokowi menyampaikan, dengan adanya jalan tol dapat memberikan efek positif bagi perekonomian di daerah.

“Dengan adanya tol ini diharapkan mobilitas orang, mobilitas barang, distribusi logistik, biaya lebih murah dan lebih cepat,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI tersebut menegaskan, Jalan Tol dapat memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang nyata, baik industri, UMKM, Pelabuhan hingga sektor Pariwisata. Sehingga pemerintah daerah hingga masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik adanya jalan tol.

Sebelumnya, Antusiasme warga terhadap jalan bebas hambatan tersebut terlihat pada mudik Lebaran tahun ini. Para pemudik lebih banyak melalui Jalan Tol ketimbang melalui jalur Pantura seperti yang terjadi selama ini terjadi.

Tentunya, ini dapat menjadi stimulan bagi para penggerak usaha mikro di daerah untuk bisa mempromosikan produknya. Selain itu Pemerintah daerah dapat mengambil peran untuk memajukan daerahnya.

Presiden Joko Widodo hadir di Pasuruan tidak sendiri. Dirinya didampingi oleh Istri tercinta, Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Aryani, dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Sedangkan tamu penting lainnya juga hadir, seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, serta Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

Sebelumnya, jalan tol Rembang – Pasuruan yang memiliki panjang 6,6 kilometer telah di fungsikan pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Tol Rembang – Pasuruan sendiri merupakan bagian dari tol Gempol – Pasuruan.

Tol Gempol – Pasuruan sendiri memiliki tiga seksi, yakni Seksi I Gempol – Rembang yang telah beroperasi sejak 2017 dan memiliki panjang 13,9 kilometer.

Seksi II, Rembang – Pasuruan yang telah difungsikan pada mudik Lebaran tahun ini. Dan memiliki panjang 6,6 kilometer. Sedangkan Seksi III, Pasuruan – Grati memiliki panjang 13,65 kilometer dan masih dalam tahap proses pembangunan. (wil/ono)