Koran Online 4 Agustus : Hutan Lindung Argopuro Terbakar, hingga Waspada Angin Kencang di Jatim

1496
Kobaran api di Hutan Lindung di Pegunungan Argopuro Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Meski tak ada korban, sedikitnya 10 hektar lahan terbakar diduga akibat puntung rokok.

Beragam peristiwa kami sajikan pada 3 Agustus 2018 melalui laman media online wartabromo. Ragam berita menarik kini kami rangkum untuk kembali anda baca dalam koran online edisi Sabtu (4/8/2018). Mulai Hutan Lindung Argopuro Terbakar, hingga Waspada Angin Kencang di Jatim :

  1. Hutan Lindung Argopuro Terbakar
Kobaran api di Hutan Lindung di Pegunungan Argopuro Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Meski tak ada korban, sedikitnya 10 hektar lahan terbakar diduga akibat puntung rokok.

Probolinggo (wartabromo.com) – Hutan Lindung di Pegunungan Argopuro Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo terbakar. Tidak ada laporan korban dari peristiwa kebakaran hutan yang diperkirakan mencapai lebih 10 hektar itu.

Kapolsek Gading, IPTU. Bagus Purnama menuturkan, secara kasatmata kebakaran itu terpantau sejak Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 18.30 WIB. Lokasinya di petak 9C HLRBC (Hutan Lindung Rimba Campur), Dusun Rabunan, Desa Batur, Kecamatan Gading. Sekitar pukul 20.00 WIB, dari kejauhan, asap hitam di hutan lindung itu semakin terlihat membara. Simak Selengkapnya.

  1. Waspada! BMKG Catat Ada Angin Kencang di Jawa Timur
Sebuah pohon tumbang diterjang angin Gending, hingga menutup jalan di sebuah wilayah Kabupaten Probolinggo. Foto untuk ilustrasi.

Surabaya (wartabromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) catat angin di wilayah Jawa Timur mengalami percepatan hingga memunculkan angin Gending di daerah Pasuruan dan Probolinggo. Perbedaan suhu antara daerah dataran tinggi dan rendah, jadi salah satu pemicu.

Selain ancaman gangguan kesehatan karena suhu ekstrem di musim kemarau atau lumrah disebut Bediding (suhu dingin saat kemarau), BMKG juga ingatkan perubahan kekuatan angin. Simak Selengkapnya.

  1. “Bediding”, BMKG Ingatkan Warga Jatim Waspada Gangguan Kesehatan
Hamparan tumbuhan di objek wisata Ranu Pani, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang muncul es, Rabu (25/7/2018). Rendahnya suhu udara di malam hari menjadi salah satu sebab. Foto untuk ilustrasi.

Surabaya (wartabromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ingatkan suhu ekstrem di musim kemarau kali ini. Peristiwa yang biasa disebut ‘bediding” itu memicu gangguan kesehatan, karena cuaca panas (kering) pada siang hari, serta dingin pada malam hari.

Hal itu terungkap dalam rilis oleh BKMG Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, yang disebar secara tertulis, pada Jumat (3/8/2018). Simak Selengkapnya.

  1. Jelang Qurban, Dinas Peternakan Pasuruan Dekati Takmir Masjid
Ilustrasi hewan qurban

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan dekati Takmir Masjid. Pendekatan menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah ini, dilakukan untuk siapkan pola pengawasan kesehatan hewan qurban.

Drh Ainur Alfiyah, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, salah satunya telah mengundang sejumlah Takmir di wilayah Pandaan. Mereka selanjutnya diberikan pemahaman tentang pemotongan hewan qurban, mulai dari tata cara pemilihan hewan hingga bagaimana menyembelih sesuai dengan syariat Islam. Simak Selengkapnya.

  1. Kemenag RI Gerojok Rp 4 M, Lanjutkan Pembangunan MAN-IC Pasuruan
Gedung MAN-IC Kabupaten Pasuruan. Tahun Kemenag RI berikan Rp 4 M untuk pembangunan asrama siswa dan sejumlah ruang perkantoran.

Pasuruan (wartabromo.com) – MAN IC (Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia) Pasuruan, digerojok Rp 4 milyar dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Anggaran pembangunan gedung tahap kedua ini lebih besar dari Rp 3,5 milyar, yang dicatu pada 2017 lalu.

Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan, Muhammad As’adul Anam mengatakan, pembangunan MAN IC sudah berlangsung dan saat ini masih proses pengurukan tanah di bagian belakang. Dipastikan, setelah selesai bisa langsung dilanjutkan dengan membangun asrama. Simak Selengkapnya.

  1. Manajer Persekabpas Bantah Ada Uji Coba Kontra Persegres Gresik
HOAX – Grafis laga uji coba Persekabpas Pasuruan melawan Persegres Gresik, beredar. Kabar seperti tertulis dalam grafis itu, dibantah oleh Suryono Panel, Manajer Persekabpas.

Pasuruan (wartabromo.com) – Kabar uji coba antara Persekabpas melawan tim kontestan Liga 2 Persegres Gresik United tengah ramai di media sosial maupun pesan berantai whatsapp. Manajer Persekabpas membantah kabar tersebut.