Hari Keantariksaan, Nikmati Malam Gelap Bertabur Bintang

4879

Pasuruan (wartabromo.com) – Setelah Gerhana Bulan Total terpanjang pada abad ini. Kini giliran taburan bintang di langit malam yang dapat dinikmati.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam rilisnya mengajak menyaksikan hamparan benda antariksa berpijar di langit, pada Agustus musim kemarau ini.

“Saksikan Galaksi Bimasakti yang membentang di atas kepala, empat planet yang berjajar dari Barat ke Timur (Venus, Jupiter, Saturnus, dan Mars), beberapa rasi bintang terkenal (Scorpio Kalajengking, Cygnus Angsa, dan Crux Salib Selatan), Segi Tiga Musim Panas (Vega Altair Deneb), serta beberapa hujan meteor,” sebut LAPAN, Senin (6/8/2018).

Untuk bisa menikmati keindahan langit itu, LAPAN juga megajak warga untuk mematikan lampu luar rumah, mulai pukul 20.00-21.00 WIB. Hal ini untuk mencegah polusi cahaya pada malam hari.

Baca Juga :   Korban Kecelakaan Wonorejo Bertambah

“Kita kampanyekan ‘Malam Langit Gelap’ untuk membangun kesadaran publik, perlunya menjaga keindahan langit dengan mengurangi polusi cahaya,” tambahnya.

Aksi ini sekaligus menjadi gerakan nasional berhemat energi pada Hari Keantariksaan 2018. LAPAN Pasuruan pun ikut merayakan Hari Keantariksaan dengan melakukan pengamatan mulai pukul 19.00 – 22.00 WIB. Event ini terbuka untuk umum, dengan menyediakan beberapa fasilitas diantaranya teleskop dan monitor layar lebar. (may/ono)