Sambil Gendong Bayi, Warga Desa Tejowangi Ikuti Upacara HUT RI ke-73

1902

Purwosari (wartabromo.com) – Warga kampung di Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan gelar upacara bendera dan peringatan detik-detik Proklamasi HUT RI, Jumat (17/8/2018). Uniknya, mereka mengikuti upacara sambil menggendong bayinya.

Upacara bendera yang dilaksanakan secara sederhana ini, diikuti oleh puluhan warga termasuk ibu ibu rumah tangga. Tak lupa, mereka membawa serta anaknya, dari mulai yang masih bayi, sampai balita.

Dayat, Ketua RW mengaku warganya sangat antusias mengikuti kegiatan dalam rangka HUT RI ke 73 ini. Ini karena mereka tak pernah merasakan mengikuti upacara bendera selama ini.

“Ini diikuti dari beberapa kalangan. Sudah lama tidak pernah upacara. Semoga tahun depan bisa terlaksana lagi dan warga tambah kompak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ini Pendekar Silat Pilih Tanding Peraih Bupati Cup
Upacara Bendera warga desa Tejowangi, Jum’at (17/8/2018). (Foto: Ary Suprayogi)

Dayat mengaku, untuk menghindari kesalahan saat pengibaran bendera, panitia dan warga mengajak pemuda setempat sebagai petugas pengibar bendera. Upacarapun berjalan dengan khidmat, meski beberapa kali terdengar tangisan bayi dan anak-anak.

Dalam upacara tersebut, terlihat para ibu –ibu kompak memakai baju kebaya dan jarik. Sementara itu, kaum bapak bapak rata rata berkopyah. Tak lupa, anak-anak mereka juga berpakaian rapi, seperti orang tuanya.

“Pertama kali, senang sekali, upacara sama anak-anak juga, semoga tahun depan bisa mengadakan lagi,” tutur Kholifah, warga.

Diketahui, warga Desa Tejowangi rata-rata berprofesi sebagai petani dan pedagang. Sebagian dari mereka merupakan tamatan Sekolah Dasar. Wajar saja, jika mereka sudah lama tidak mengikuti upacara bendera HUT RI.

Baca Juga :   4 Warga Mayangan Tewas Tersengat Listrik

Rencananya kegiatan upacara HUT RI dan detik proklamasi ini akan menjadi agenda tahunan warga setempat. Penyelenggara berharap, setiap tahun warga yang mengikuti upacara semakin bertambah jumlahnya. (may/ono)