Bakal Nyaleg, Adik Bupati Banyuwangi Mulai “Pencitraan” di Pasuruan

2418

Pasuruan (wartabromo.com) – Meski belum ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) calon anggota legislatif oleh KPU. Namun aksi “pencitraan” para caleg pendatang baru agaknya sudah dimulai. Salah satunya yang paling menonjol dilakukan oleh Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim, Mufti Aimah Nurul Anam.

Pantauan wartabromo.com, adik kandung Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang konon jadi Caleg dari PDI – P ini mulai memanfaatkan kegiatan hari besar keagamaan maupun kegiatan sosial dan olahraga untuk menarik simpati masyarakat. Mulai dari memasang spanduk dan banner di sejumlah titik strategis di Kabupaten dan Kota Pasuruan hingga terlihat ikut nonton pertandingan Persekabpas bersama Ketua PDI – P Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu.

Gambar spanduk Pria berkacamata yang memperkenalkan diri sebagai Dokter Mufti pun terus bertebaran mulai dari baliho, spanduk hingga kontrak iklan di media massa.

Spanduk atau baliho “pencitraan” Mufti Anam itu pun belum secara gamblang menunjukkan status caleg dan partainya. Namun beberapa spanduk dan iklan yang dipasangnya mulai memunculkan angka yang diduga mirip dengan nomer urut calegnya.

“Santri Mandiri Berbakti” bunyi tagline yang diusung oleh pria lulusan Fakultas Kedokteran UWK Surabaya┬áini di setiap foto spanduk pencitraannya.

Sementara itu, terkait maraknya spanduk dan iklan Mufti Anam di jalanan. Kasi Trantib Satpol PP Kota Pasuruan, Fadholi mengatakan, ucapan kegiatan hari besar keagamaan dan sosial menjadi jurus jitu yang bisa dimanfaatkan untuk pasang spanduk lantaran tidak dikenai pajak. Meski demikian, harus ada ijin dan surat pemberitahuan terhadap pihak terkait.

“Kalau ucapan sosial tidak ada logo partai dan sponsor tidak dikenakan pajak cuma surat ijin dan pemberitahuan saja, ” katanya. (yog/yog)