Batu Berlafadz Allah Gegerkan Warga Probolinggo

2417

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah batu berukuran satu meter persegi di Dusun Krajan, Desa Wringinanom, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, menghebohkan warga. Sebab batu yang sekilas tampak biasa itu, bermotif lafadz ‘Allah’.

Berdasarkan penuturan warga setempat, penemuan batu dengan tulis Arab itu tak disengaja. Saat itu, ada warga yang sedang mandi dan tidak sengaja melihat ada semacam goresan samar. Goresan itu, membentuk kalimat “Bismillahiraman nirrahim”. Oleh warga setempat, batu itu kemudian diberi nama batu “Allahu”.

“Sebelumnya batu itu terkubur tanah. Baru muncul ke permukaan setelah ada lahar dingin Gunung Bromo beberapa tahun lalu. Ketemunya, ketika masuk musim nemor (kemarau) seperti sekarang ini. Karena banyak warga yang mandi di sekitar batu itu,” tutur penemu batu, Mustar, Selasa (18/9/2018).

Baca Juga :   Marak Begal, Kapolres Perintahkan Tembak Ditempat

Penemuan ini kemudian menjadi buah bibir warga sekitar. Tak hanya itu, penemuan itu pun akhirnya diunggah di media sosial facebook dan akhirnya viral. Warga dari berbagai daerah yang penasaran, datang ke Wringinanom hanya untuk melihat batu tersebut. Salah satunya, Choirul Umam, warga Lamongan. Karena penasaran, ia pun datang ke Probolinggo.

“Penasaran aja sih. Karena di facebook ramai dibicarakan. Awalnya saya sanksi, jangan-jangan ini goresan yang disengaja, tapi ternyata tidak. Mungkin ini semata-mata karena kebesaran Allah SWT yang patut disyukuri,” ujar bapak satu anak ini.

Warga masih terus berdatangan setiap harinya, untuk melihat dari dekat, batu besar berlafadzkan Allah ini. Belum diketahui apakah pahatan di batu itu asli atau bukan. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang. (lai/saw)