Ada Sertijab Bupati, Sejumlah Jalur Ditutup dan Ini Rekayasa Lalinnya

1251

Probolinggo (wartabromo.com) – Selama pelaksanaan sertijab Bupati Probolinggo pada Kamis (27/9/2018), jalan di sekitar Alun-alun Kota Probolinggo ditutup total untuk kendaraan umum. Selain itu, sejumlah jalur menuju pendapa Bupati Probolinggo juga ditutup agar tidak terjadi kemacetan arus lalulintas.

Sekitar 5.120 undangan diperkirakan akan menghadiri sertijab Bupati Probolinggo, dari Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo ke Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, pada esok hari. Untuk kelancaran acara, tim gabungan akan menutup akses jalan di sekitar Alun-Alun Kota Probolinggo, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Mas Mansyur dan Jalan Agus Salim.

Selain jalan di sekitar Alun-alun, rekayasa lalulintas juga dilakukan di sejumlah ruas jalan yang menuju lokasi tersebut. Penutupan itu dilakukan di jalan Ahmad Yani sejak pertigaan RSUD dr. Moh Saleh hingga perempatan Flora. Kemudian jalan Kolonel Sugiono sejak perempatan Star Cell menuju jalan Suroyo.

Baca Juga :   Pekerja Tol Pandaan-Malang Tewas, Terkena Potongan Scaffolding yang Dicopotnya

Sementara untuk jalan Suroyo arah utara ditutup sejak SDK Mater Dei. Selain itu, arah barat dari SDK Mater Dei atau jalan Imam Bonjol, juga ditutup hingga jalan dr. Moh. Saleh. Penutupan juga dilakukan di perempatan koperasi jalan dr. Moh Saleh menuju utara atau jalan Ahmad Yani. “Untuk jalan Banda tidak dilakukan penutupan. Namun apabila dari arah selatan terjadi kepadatan kendaraan roda 4, maka kami lakukan penutupan,” ujar Kasatlantas Polresta Probolinggo, AKP. Algopohan, Rabu (26/9/2018).

Penutupan itu dilakukan sejak pukul 07.30 hingga acara selesai. Hanya kendaraan undangan saja yang diperkenankan lewat di ruas yang ditutup itu. “Ya beberapa penutupan ruas jalan bagi kendaraan umum, yang kami lakukan agar tidak terjadi kemacetan. Untuk itu kami himbau kepada masyarakat untuk menghindari jalan menuju arah Alun-alun. Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih oleh pengguna jalan raya,” kata AKP. Algopohan.

Baca Juga :   Hari Sumpah Pemuda, Banser Pasuruan Digembleng di Tutur

Selain pengalihan arus lalulintas, panitia juga melakukan pengamanan yang ketat. Setidaknya ada 501 personil gabungan yang diterjunkan. Petugas gabungan itu rinciannya terdiri dari Polres Probolinggo 150 personel, Polresta Probolinggo 71 personel, Brimob Malang sebanyak 30 personel dan Kodim 0820 Probolinggo sebanyak 100 anggota.

Sementara dari Dishub Kabupaten Probolinggo melibatkan 75 orang, Dishub Kota Probolinggo sebanyak 25 personel. Kemudian ada dari Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo sebanyak 50 personel. “Ada juga rekan-rekan dari Banser yang ikut berpartisipasi dalam membantu untuk kelancaran acara tersebut,” kata Kepala Bakerbangpol Kabupaten Probolinggo, Agus Mukson. (saw/saw)