Siagakan Densus 88, BNPT Imbau Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Natal

960

Jakarta (WartaBromo.com) – Perayaan Natal dan Tahu Baru segera tiba. Menghindari aksi teror, selain siagakan Densus 88, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta sejumlah pihak tingkatkan kewaspadaan.

Hal itu disampaikan Direktur Pencegahan Terorisme BNPT, Brigjen Pol Ir. Hamli saat membuka workshop Kearifan Lokal dan Pencegahan Tindak Terorisme, di Jakarta, Selasa (27/11/2018) malam. Dikatakannya, dari kajian yang dilakukan, pelaku teroris memiliki pola dalam melakukan aksinya.

Suasana workshop Kearifan Lokal dan Pencegahan Tindak Terorisme, di Jakarta, Selasa (27/11/2018) malam.

“Selalu ada momentum ketika para pelaku ini mau beraksi. Seperti saat Natal atau juga tahun baru,” kata Hamli. Karena itu, tak ingin kecolongan, pihaknya pun meminta para pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. “Sekarang tim Densus juga sudah disiagakan untuk melakukan deteksi dini,” imbuhnya.

Baca Juga :   Hasani Tulis Surat Terbuka, Ini Isinya

Dijelaskan Hamli, pasca bom gereja Surabaya memang banyak terduga teroris yang ditangkap. Bahkan, sampai saat ini, sekitar 360 orang diamankan karena diduga terlibat jaringan terorisme.

Namun ditegaskan, hal itu tidak menjadikan jaringan mereka mati.
Sebagai bukti adalah serangan teror terhadap personel polisi di Lamongan belum lama ini. Dijelaskan Hamli, sebelum beraksi, terduga lebih dulu bertema dengan terpidana teroris lain di tahanan.

“Artinya, proses rekrutmen itu kan masih terus berjalan. Ini yang harus tetap diwaspadai,” kata Hamli. (ono/ono)