Banjir Bandang Terjang Tiris, 11 Bangunan Tersapu

1622

Probolinggo (wartabromo.com) – Hujan deras di lereng pegunungan Argopuro pada Senin (10/12/2018) mengakibatkan banjir bandang di wilayah Kecamatan Tiris. Setidaknya 11 bangunan dilaporkan hanyut terbawa arus banjir.

Hujan lebat yang berlangsung hingga malam itu, membuat sungai Sumber Kapong di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, tak mampu menampung debit air. Aliran air yang sangat deras meluber hingga ke pemukiman warga. Tak hanya di halaman rumah saja, air bah itu juga masuk ke dalam rumah.

“Hujan sangat deras sekali sejak siang hari dan tidak berhenti sampai malam. Rumah kami terkepung air banjir, sehingga kami mengungsikan seluruh keluarga ke tempat yang lebih tinggi,” tutur Agus Subiyanto, salah satu warga, Selasa (11/12/2018) pagi.

Berdasarkan penuturan Agus, banjir di kampungnya itu mengakibatkan 11 bangunan hanyut dibawa air. Rinciannya 7 rumah, 1 musala dan 3 toko milik warga hanyut diterjang banjir. “Rata-rata yang hanyut adalah bangunan yang dekat dengan sungai Sumber Kapong,” terang pemilik Airlangga Adventure ini.

Hingga saat ini, pemerintah kecamatan setempat masih mendata kerusakan yang terjadi. Belum diketahui berapa kerugian yang diderita. “Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, namun kami akan memastikannya lebih lanjut,” ujar Camat Tiris, Robby Siswanto. (cho/saw)