Lapas Kota Pasuruan Sudah Sediakan Sel Khusus Lansia dan Difabel

1133

Pasuruan (wartabromo.com) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pasuruan, menyediakan blok sel khusus untuk penghuni lapas bagi lanjut usia (lansia) dan difabel. Sel tersebut memiliki fasilitas khusus, bermaksud menjaga keamanan penghuni Lapas usia lanjut.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Timur, Susy Susilawati, mengatakan, adanya sel untuk penghuni lapas lansia dan difabel supaya. perlakuan dari pihak lapas kepada para penghuni ini lebih baik.

Ditambahkan, penyediaan ruangan berjeruji besi ini baru kali pertama diberikan kepada warga binaan usia lanjut, untuk mempermudah pemantauan jika saja penghuni lapas tiba-tiba terserang sakit.

“Jadi blok yang khusus lansia dan difabel ini, supaya mendapatkan perlakuan lebih. Karena mereka sudah tua. Selain lansia ada juga yang memiliki kekurangan (secara fisik), jadi ya harus diperlakukan berbeda dengan yang lainnya,” papar Susy.

Baca Juga :   Polisi Bekuk Perangkat Desa dan Pasutri Pengedar Sabu

Sementara itu, Kepala Lapas Kota Pasuruan, Fikri Jaya Suebing, menjelaskan, ruangan khusus lansia dan difabel, disediakan sebanyak dua kamar dengan kapasitas 10 orang. Sebab, penghuni lapas dengan kriteria ini terbilang sedikit, sehingga pihak lapas masih menyediakan dua kamar.

“Jumlah penghuni lapas yang lansia ada 4 dan difabel hanya 1,” jelas Fikri.

Sekedar diketahui, satu diantara lansia, penghuni Lapas itu, berinisial SN (87), asal Kediri, telah menjalani 2 tahun, dari putusan hukuman 9 tahun penjara, gara-gara kasus pencabulan terhadap anak.

Sementara, fasilitas khusus dalam blok ini, diantaranya tombol bel darurat, kursi roda, tabung oksigen, kamar mandi dengan wc duduk dan ada pegangan ketika mandi, serta tempat duduk pada halaman depan.

Baca Juga :   Ini 4 Alasan Kyai Se-Pasuruan Raya Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

“Jadi fasilitas yang ini kami sediakan, salah satunya tombol darurat untuk memudahkan penghuni lapas untuk segera meminta tolong kepada kami jika ada apa-apa,” pungkasnya. (trr/may).