Perayaan Tahun Baru Usai, Alun-alun Kraksaan Dipenuhi Sampah

0
583

Kraksaan (wartabromo.com) – Pesta perayaan tahun baru 2019, dilaksanakan di berbagai tempat, termasuk di Alun-alun Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Sayangnya euforia itu meninggalkan sampah berserakan. Kondisi itu dikeluhkan oleh warga yang berkunjung dan bersantai di sana.

Dari pantauan wartabromo.com, Alun-alun Kota Kraksaan hingga Selasa (1/1/2019) pukul 14.00, masih ramai dikunjungi oleh warga dari berbagai pelosok desa. Sebagian dari mereka tampak duduk-duduk di bangku-bangku taman yang disediakan. Ada juga anak kecil yang bermain di fasilitas permainan. Namun juga ada yang memanfaatkannya untuk berswafoto atau sekedar jalan-jalan.

Sayangnya, pemandangan indah di dalam Alun-alun tercoreng oleh keberadaan sampah yang berserakan. Hamparan rumput hijau di tengah Alun-alun penuh dengan sampah bekas makanan dan minuman. Hampir tak ada tempat yang bebas dari sampah.

Kondisi itu memantik kekecewaan dari para pengunjung. “Kecewa ya, udah kadung sampai di sini, eh ternyata penuh sampah. Rencananya duduk-duduk santai sembari anak main di rerumputan hijau itu. Kan di rumah gak ada, anak saya pasti senang bisa berlarian di atas rerumputan,” kata Umi Zubaidah, dengan nada kecewa.

Kekecewaan serupa ditunjukkan oleh Adelia, warga Kecamatan Krejengan, yang datang ke Alun-alun bersama keluarganya. Ia hanya berfoto-foto di taman yang berada di pinggiran Alun-alun. Rencana berfoto di atas rerumputan hijau sirna karena banyaknya sampah. Sehingga tidak bisa dijadikan obyek pendukung visualnya.

“Ketika saya datang udah kayak ini, penuh sampah. Gak ngerti, apakah itu ulah pengunjung lain yang datang pada pagi hari atau sisa acara semalam. Dengar-dengar di sini tadi malam ada pertunjukan orkes gambus saat pergantian tahun. Ya sayang sekali, gak ada petugas kebersihan yang mengumpulkan sampahnya,” kata ibu satu anak itu. (cho/saw)