Sungai Meluap, 7 Desa di Pasuruan Kebanjiran

1501

Pasuruan (wartabromo.com) – Tercatat 7 desa di 2 kecamatan Kabupaten Pasuruan dilaporkan kebanjiran. Air membanjiri pemukiman setelah sungai yang melintasi ke-tujuh desa meluap.

Banjir tersebut berada di Desa Lebak, Prodo, Bandaran, Winongan Lor dan Winongan Kidul di Kecamatan Winongan. Sedangkan di Kecamatan Grati, banjir berada di Desa Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengungkapkan, hujan deras mengguyur seharian Senin kemarin, menjadi pemicu banjir.

“Hujan terutama di wilayah Lumbang, membuat air sungai meluap,” ujar Bakti.

Limpahan air terutama dari wilayah Kecamatan Lumbang, sisi selatan dua kecamatan itu, membuat sungai Winongan meluap. Selain itu, debit air sungai Rejoso juga meninggi hingga meluber ke dua desa wilayah Kecamatan Grati.

Baca Juga :   BPSPL Denpasar Pantau Hiu Tutul di Perairan Probolinggo

Air merendam pemukiman hingga siang ini berkisar antara 30-60 cm. Meski dari laporan yang diterima, air banjir di Kecamatan Winongan sudah mulai surut, namun Desa Winongan Kidul ketinggian air masih mencapai lutut orang dewasa.

Tak ada laporan korban akibat banjir meski aktivitas warga diakui terganggu. Petugas BPBD bersama Pol PP juga terlihat hilir mudik dan standby di lokasi banjir, bersiap bilamana terdapat warga yang membutuhkan pertolongan. (ono/ono)