Hanya 30 Menit, Waktu Tempuh Pasuruan-Probolinggo Lewat Tol Paspro

3544
Tol Paspro. Gambar : Kementerian PUPR

Pasuruan (wartabromo.com) – Jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer siap dioperasikan. Tol ini digadang-gadang akan memangkas waktu perjalanan dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit saja.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan, selesainya Tol Paspro sepanjang 31,3 Km itu artinya, menambah daftar Jalan Tol Trans Jawa yang beroperasi.

“Tidak harus menunggu diresmikan. Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat. Terlebih tol tersebut dulu juga sudah dibuka (saat Natal 2018, dan Tahun Baru 2019, red), sekarang bisa segera beroperasi,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Ditambahkan kemudian, saat ini Pemerintah akan fokus mengerjakan jalan tol Probolinggo hingga Banyuwangi.

“Kalau pembebasan lahannya bisa selesai, maka mudah – mudahan 2020 akhir bisa selesai sampai Banyuwangi,” ucap Basuki.

Pada kesempatan lain, Dwi Pratikno, Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, menjelaskan, ada tiga seksi di tol Paspro ini. Total investasi ketiganya mencapai Rp 4,6 Triliun, dengan hak konsesi selama 50 tahun.

“Tol Paspro ini dimulai dari Seksi I Grati Pasuruan – Tongas, Seksi II Tongas – Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat – Probolinggo Timur,” ujarnya.

Sementara itu, ada 4 hektar Rest area yang telah disiapkan di sepanjang tol Paspro. 2 berada di sisi kanan, 2 lainnya sisi kiri. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU nya. Jarak antar rest area adalah 7,5 kilometer.

Sekedar diketahui, Pemerintah telah membangun jalan tol sepanjang 782 kilometer dalam kurun waktu empat tahun (2015-2018). Diantaranya, Tahun 2018 lalu, jalan tol trans Jawa yang telah tersambung dari Merak hingga Grati, Pasuruan. Pada Tahun 2019, panjang jalan tol yang akan selesai ditargetkan sepanjang 895 kilometer. Diantaranya, beberapa ruas tol Trans Sumatera. (bel/may)