Jalur Pantura Kraton Tertutup Banjir

2198

Pasuruan (wartabromo.com) – Banjir menutup jalan raya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Menghindari adanya tumpukan, kendaraan pada jalan utama jurusan Surabaya-Banyuwangi ini, selanjutnya diminta memutar memanfaatkan tol.

Banjir jalur Pantura tersebut terpantau sejak Minggu (10/2/2019) malam, ketika air sudah memenuhi pemukiman warga Tambakrejo, sekitar pukul 23.00 WIB.

Berbagai kendaraan sempat menghentikan perjalanan, meski kemudian beberapa di antaranya meninggalkan titik banjir di jalan raya ini.

Sejumlah petugas BPBD bersama dengan pihak dari instansi, terlihat berjaga. Sebagian lain sibuk mengatur lalulintas yang tertutup banjir setinggi satu meter ini.

Agar tak ada penumpukan kendaraan, petugas juga meminta kendaraan yang sempat terjebak banjir memutar memanfaatkan jalur tol Gempas (Gempol-Pasuruan).

Meski demikian, sejumlah truk dan beberapa jenis kendaraan pengangkutan, berukuran besar sepertinya lebih memilih bertahan, menunggu banjir surut.

Dari catatan BPBD Kabupaten Pasuruan, selain wilayah Tambakrejo Kraton ini, banjir juga telah merendam pemukiman warga Dusun Kebrukan, Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati.

Banjir juga terjadi di Desa Sukorejo Kecamatan Pohjentrek, dengan ketinggian rata-rata setengah meter.

Minggu petang sebelumnya, pohon beringin yang tumbuh di pinggir jalan raya Wonorejo tumbang dan menimpa sebuah mobil dinas. Selain itu, pohon tumbang juga sempat menutup jalan jurusan Pasuruan-Malang. Kondisi di Wonorejo kian parah, setelah banjir juga merendam jalanan dan pemukiman. (ono/ono)