Mengkhawatirkan, 3 Pohon Beringin di Wonorejo Rentan Tumbang

0
470
Pohon beringin di wilayah jalan raya Wonorejo, rawan roboh. Kondisi ini menjadi perhatian dan kekhawatiran warga. (Foto: Fauzan untuk WartaBromo)

Wonorejo (wartabromo.com) – Pohon beringin yang tumbang hingga menutup jalan raya Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, sudah dibersihkan. Hanya saja, tiga pohon sejenis dengan ukuran besar dikatakan mengkhawatirkan.

Kegelisahan terkait ancaman pohon tumbang itu disampaikan oleh Fauzan, warga Pakijangan, Kecamatan Wonorejo. Menurutnya, peristiwa pohon beringin tumbang pada Minggu petang kemarin, sepatutnya menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, selain menimpa mobil, juga menutup akses jalur utama Pasuruan-Malang.

Nah, diungkapkan Fauzan, bila saat ini ada tiga pohon beringin lainnya yang berpotensi tumbang, yang sewaktu-waktu dapat membahayakan keselamatan warga maupun pengguna jalan. Posisinya berjajar di sisi selatan pohon beringin, yang sebelumnya telah tumbang, saat hujan di Sergai angin kencang menerjang wilayah Wonorejo.

“Masih ada 3 pohon beringin yang ukurannya sama dengan yang tumbang kemarin sore. Lokasi masih sama berjajar sebelah selatan yang tumbang itu,” terang Fauzan, Senin (11/2/2019).

Kekhawatiran itu menurutnya cukup beralasan, karena kondisi ketiga pohon yang tak jauh dari tempat tinggalnya itu, menjorok ke arah jalan raya, sehingga rentan roboh, bila saja dihantam hujan dan angin kencang.

Mewakili warga, iapun berharap, Pemerintah Kabupaten Pasuruan memberikan perhatian, dengan segera melakukan penebangan pada tiga pohon beringin yang terlihat sudah mulai roboh itu.

“Mumpung belum tumbang lagi. Membuat ribet seperti kemarin. Jalur macet, eksekusi lemot. Ya, saya dan anak saya mengawali aksi babat (pohon tumbang),” pungkasnya. (ono/ono)