BMKG Ingatkan Hujan Petir dan Angin di Tapal Kuda

3775

Surabaya (wartabromo.com) – Hujan disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir sebagian besar wilayah Jawa Timur. Tapal kuda bagian daerah yang mendapat perhatian.

Peringatan dini terkait kerawanan bencana alam, disampaikan BMKG Surabaya dengan mengungkap dapat berlangsung di antara 7-8 Maret 2019.

Selama tiga hari itu, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat bakal terjadi dengan beragam waktu, mulai pagi, siang maupun malam.

Grafis daerah diperkirakan diguyur hujan disertai angin dan petir.

Hujan pada dini hari juga disampaikan dan sepatutnya menjadi perhatian di Bangkalan, Gresik, Surabaya, dan Sidoarjo (7 Maret). Lalu Jombang, Gresik, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Mojokerto, Sidoarjo, Lumajang, dan Situbondo (8 Maret).
Curah hujan dini hari bisa kembali di wilayah Lumajang (9 Maret).

Peringatan dikeluarkan setelah diperkirakan guyuran hujan disertai dengan kilat/petir bahkan angin kencang terjadi pada lebih 30 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Di wilayah tapal kuda juga menjadi catatan, Pasuruan (Tosari, Puspo, Tutur, Purwodadi, Purwosari, Prigen); Probolinggo (Krucil, Tiris, Gending, Pajarakan, Krejengan, Kraksaan); Kota Probolinggo (Kademangan); dan Lumajang (Senduro, Candi Puro, Prono Jiwo, Lumajang, Sukodono, Guci Alit, Klakah, Ranuyoso, Randu Agung, Jatiroto, Kunir, Tekung, Yosowilangun, Tempursari).

(ono/ono)