Jalur Ranupani Tertutup Longsor

1003

Lumajang (Wartabromo.com) – Cuaca ekstrem, area Krepelan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Desa Ranupani, Kecamatan Senduro longsor. Akibatnya, jalur Senduro–Malang via Ranupani tertutup total.

“Hari ini telah terjadi longsoran material di area Krepelan Ranupane hutan TNBTS,” tulis akun twitter @pusdalopsBPBD Lumajang, Selasa (19/3/2019).

Menurut informasi, hujan dan angin terus menerus terjadi sejak siang tadi. Tanpa diduga-duga, tebing di jalan Ranupani longsor. Tanaman yang tumbuh di area tanah juga ikut terbawa longsor hingga menutupi jalan.

Akibatnya, pengendara mobil yang melintas di wilayah tersebut harus menunggu pembersihan material longsoran. Sementara untuk pengendara motor harus menuntun motornya dan melewati ruas yang tersisa, meski kemungkinannya kecil.

“Jalur Senduro – Malang via Ranupane macet total,” lanjutnya.

Saat ini petugas mulai melakukan pembersihan longsoran tersebut. Informasi yang didapat wartabromo, pembersihan ini dilakukan dengan cara manual dan diperkirakan membutuhkan waktu lama. Hal ini karena material longsoran cukup banyak, ditambah lagi hujan yang mengguyur juga belum reda. (may/ono)