Pembersihan Material Longsor di Piket Nol Butuh 2 Hari

771

Lumajang (wartabromo.com) – Pembersihan material longsor di KM 57 Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang masih berlangsung. Akses Lumajang – Malang diperkirakan masih ditutup hingga 2 hari kedepan.

Hal ini diungkapkan oleh Pusdalop BPBD Lumajang, Jumat (22/3/2019). Danial Rizzah, Pusdalops BPBD Lumajang menyebut bahwa pembersihan ini membutuhkan waktu setidaknya 2-3 hari.

“Penanganan masih terus dilakukan menggunakan alat berat. BPBD memperkirakan 2-3 hari kedepan untuk proses pembersihannya,” ujarnya.

Setidaknya ada 4 alat berat yang diturunkan untuk melakukan pembersihan ini. Hal tersebut karena material longsoran yang berupa batu dan tanah memiliki tinggi 5 meter, lebar 6 meter dan panjang 15 meter. Kondisi ini terbilang cukup parah.

“Sampai pukul 18.20 WIB (21/3/2019), Jalur Lumajang Malang via piket Nol baru bisa dilalui roda dua dan pejalan kaki. Pengguna roda 4 mohon tetap menggunakan jalur Lumajang Malang via Probolinggo,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi selama 3 hari mengguyur wilayah Candipuro. Akibatnya, tanah tebing di piket nol gembur, dan tidak mampu menahan air. Ditambah lagi kondisi kontur tanah tidak stabil hingga menyebabkan longsor. (may/ono)