Antri Haji Puluhan Tahun, Para CJH Kota Pasuruan Akhirnya Ikut Pemasporan

3752

Pasuruan (wartabromo.com) – Proses pembuatan foto Paspor yang digelar oleh Forum Komunikasi KBIH Kota Pasuruan disambut gembira oleh para calon jamaah haji yang sudah masuk waiting list menunggu antrian puluhan tahun.

Ketua Forum Komunikasi KBIH Kota Pasuruan, Abdullah Fahmi Salam mengatakan, tercatat sebanyak 271 orang calon jamaah haji yang hadir dalam proses pembuatan foto paspor yang dilakukan oleh keimigrasian di Kantor Kemenang Kota Pasuruan sejak Rabu 20 Maret 2019 lalu.

“Ini kabar gembira. Rata – rata yang ikut dalam Pemasporan ini sudah lanjut usia. Lha gimana wong nunggu sudah puluhan tahun. Ada yang 10 tahun bahkan lebih, ” ujarnya.

Dirinya mencontohkan, salah seorang calon jamaah haji asal Kelurahan Petahunan Kecamatan Gadingrejo, misalnya, harus menunggu sampai 10 tahun sehingga saat pemasporan berlangsung usianya kini sudah 74 tahun.

“Yang membahagiakan, pembuatan foto paspor saat ini dilakukan di kantor Kemenag bukan di imigrasi. Ini sangat mempermudah sekali terutama yang sudah usia lanjut biar tidak bolak – balik di jalan, ” lanjutnya.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umroh (PHU) kementrian agama Kota Pasuruan mengatakan, para calon jamaah yang sudah melakukan pemotretan paspor dipastikan akan diberangkatkan tahun 2019 ini.

“Yang sudah ikut pemasporan ini, masuk kuota tahun ini, ” ujarnya.

Untuk diketahui, antrian keberangkatan calon jamaah haji terbilang sangat lama. Pemerintah Indonesia sudah melakukan beragam upaya untuk memangkas soal waiting list haji, di antaranya dengan meminta tambahan kuota, yang saat ini sekitar 210 ribu, bertambah dari tahun lalu, yang hanya 200 ribu. (yog/yog)