Kemenag Pasuruan Ajukan 140 CJH Lansia Berangkat ke Makkah Tahun Ini

1490

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 140 Calon Jemaah Haji (CJH) kategori lanjut usia (lansia) dan pendamping diajukan berangkat tahun ini. Usulan pemberangkatan ke tanah suci Makkah oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, pembukaan pendaftaran jemaah Lansia sudah dimulai pada awal tahun 2019 lalu. Sedianya akan terus dibuka sampai hari terakhir pelunasan tahap pertama, yakni per 15 April mendatang.

Menurutnya, sampai akhir Maret kemarin, tercatat sudah ada 140 jemaah lansia yang diusulkan ke Kemenag Pusat. CJH dikatakan sudah lansia apabila telah berusia di atas 75 tahun.

Baca Juga :   Indonesia Diminta Tunda Penyelesaian Kontrak Haji

“Dengan rincian lansia sebanyak 93 jemaah dan pendamping lansia 47 jemaah,” kata Imron saat dihubungi via telepon, Rabu (03/04/2019).

Selain CJH lansia dan pendamping, juga ada penggabungan keluarga sebanyak 62 jemaah. Untuk pendamping lansia dan penggabungan keluarga sudah harus mendaftar pada 1 Januari 2017 lalu. Untuk syarat penggabungan keluarga calon jemaah harus membuktikan saling memiliki hubungan keluarga antara anak–orang tua dan suami–istri.

Di sisi lain, jumlah lansia yang diusulkan kali ini disebutnya jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2018 lalu yang hanya sekitar 105 lansia.

Diungkapkan kemudian, bila usulan masih terus dibuka sampai akhir pelunasan tahap pertama. Lantaran pendaftaran masih dibuka, masih dimungkinkan terdapat tambahan jemaah haji lansia, dari yang diusulkan.

Baca Juga :   Meninggal, Calon Jemaah Haji asal Ngemplakrejo Kota Pasuruan Gagal Berangkat

“Karena tergantung kuota yang ada, nanti melihat berapa yang mengundurkan diri setelah pelunasan tahap pertama,” pungkasnya. (mil/ono)