Ada 9 Incumbent, Dapil 1 Jadi “Neraka”

5906

Bangil (WartaBromo) – Sejumlah hal baru tersaji pada Pemilu Legislatif Kabupaten Pasuruan kali ini. Bukan hanya pelaksanannya digelar bersamaan dengan pemilihan presiden (Pilpres), tapi jumlah daerah pemilihan (Dapil) juga lebih banyak ketimbang Pileg 2014 silam.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin mengatakan, sebelumnya, Dapil Pemilu Kabupaten Pasuruan terdiri dari 5 Dapil. Saat ini, bertambah satu menjadi 6 dapil. “Ada perubahan. Dari yang sebelumnya 5 menjadi 6 Dapil,” katanya melalui sambungan telepon.

Menurut Faizin, Dapil 6 tersebut meliputi Kecamatan Prigen, Pandaan dan Sukorejo. Sebelumnya, pada 2014 silam, Prigen tergabung di Dapil 1 bersama Gempol dan Beji. Kini, Gempol tercatat masuk di Dapil 1 bersama Beji dan Bangil.

Baca Juga :   JPPR Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di Ponpes Dalwa

Pihak KPU sebelumnya memang mengusulkan dua opsi perubahan skema Dapil Pemilu. Usulan itu dilakukan dengan mempertimbangkan sebaran wilayah dan juga persebaran jumlah penduduk. Hasilnya, KPU pusat menyetujui usulan tersebut.

Komisioner KPU Divisi Hukum Azmi menyebutkan, dibanding Dapil lainnya, Dapil 1 bisa dikatakan sebagai “Dapil Neraka”. Itu lantaran banyaknya incumbent yang kembali mencalonkan diri pada kontestasi Pileg mendatang.

Dikatakan Azmi, dengan kuota 9 kursi, terdapat 9 calon incumbent yang kembali maju dari dapil ini. Status caleg incumbent tersebut lebih banyak bila dibandingkan caleg dengan predikat yang sama di Dapil lainnya. “Kalau yang lain, rata-rata hanya 7-8 orang yang incumbent. Ini ada 9 incumbent,” katanya.

Beberapa caleg dengan predikat incumbent yang dimaksud yakni Nik Sugiarti (Golkar), Mujibuddaawat (Demokrat), Abdul Rouf (PKB), Samsul Hidayat (PKB), Sutar (PDIP), Arifin (PDIP), M. Rusdi Sutejo (Gerindra), Elyas (Gerindra) Siti Salamah (NasDem).

Baca Juga :   Dicoret, Suara PSI dan Partai Garuda Kota Pasuruan Dipastikan Tak Dihitung

Dengan hadirnya nama-nama ini, diperkirakan kontestasi para Caleg diperkirakan berlangsung sengit.
Diketahui, Dapil 1 yang meliputi wilayah Gempol, Beji dan Bangil memiliki 9 kuota kursi. Dengan jumlah DPT (daftar pemilih tetap) mencapai 215.477 orang, secara matimatis, ‘harga’ satu kursi adalah sekitar 24 ribu suara. (asd/asd)