219 Caleg Perempuan di Pasuruan Bertarung Rebut Kursi Dewan

1302

Pasuruan (wartabromo.com) –  Ratusan perempuan di Kabupaten Pasuruan akan bertarung memperebutkan kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan. Jumlahnya pun sudah lebih dari 30% dari kuota yang diberikan perempuan dalam Pemilu Legislatif 2019.

Berdasarkan catatan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan,  jumlah Caleg perempuan sebanyak 219 dari 584 keseluruhan anggota.

Jika diprosentase, yakni 37,5%, melampaui kuota 30% dari keterwakilan perempuan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Seperti Rena Dwi Fitriani, salah satu caleg DPRD Kabupaten Pasuruan dari Daerah Pemilihan 5. Ia memberanikan diri untuk bertarung dalam kontestasi Pemilu 2019 ini. Sebagai perwakilan perempuan, Rina ingin turut andil dalam berpolitik untuk menyuarakan hak-hak perempuan serta berpartisipasi secara kongkret untuk melakukan perubahan.

“Saya ingin mengabdikan diri untuk masyarakat dan agama, selain itu saya juga harus mewakili perempuan dalam politik,” ungkap caleg asal Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan itu.

Sementara itu, Maslakhah (45), seorang ibu rumah tangga menaruh harapannya pada para caleg perempuan. Ia berharap saat para caleg telah terpilih di kursi dewan nanti, kebijakan-kebijakan yang dirumuskan akan lebih berpihak kepada perempuan.

“Kalau perempuan yang maju jadi caleg ya semoga bisa mewakili kita sebagai perempuan, seperti lebih memakmurkan ibu-ibu rumah tangga serta menghapus kekerasan perempuan yang masih saja ada,” ungkap perempuan asli Pasuruan ini.

Ia pun juga mengaku bangga mengetahui sudah mulai banyak perempuan yang berani berpolitik.

“Kalau semakin banyak ya bagus ya. Perempuan dan laki-laki setara dalam berpolitik,” pungkasnya. (ptr/may)