2014, Prabowo Sapu Bersih 21 Kecamatan di Pasuruan

0
2210

Pasuruan (WartaBromo) – Capres Prabowo Subianto berhasil menyapu bersih perolehan suara di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Pasuruan pada pelaksanaan pilpres (Pemilihan Presiden) 2014 lalu. Dari total 24 kecamatan, Prabowo meraih suara terbanyak di 21 kecamatan.

Praktis, saat itu, Capres Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla hanya memenangi tiga kecamatan. Itu pun, satu di antaranya hanya selisih tipis. Tiga kecamatan yang berhasil dimenangi Jokowi kala itu adalah Kecamatan Prigen, Kecamatan Lekok dan Grati.

Khusus Grati, selisih suara yang diraih Jokowi terbilang tipis. Tak sampai seribu suara. Dari total 41.337 suara sah, Jokowi meraih 20.937 suara. Sedangkan Prabowo, menguntit di belakang dengan raihan 20.400 suara.

Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad optimistis, kemenangan yang diraih kubu Prabowo di Kabupaten Pasuruan lima tahun silam bisa kembali diulang pada pilpres kali ini. “Yakin lah. Kami tetap optimistis bisa mengulangi capaian Pilpres lalu,” katanya kepada WartaBromo, beberapa waktu lalu.

Tak hanya memenangi. Merujuk perolehan suara lima tahun silam, Sadad menargetkan Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno bisa meraih kemenangan hingga 60 persen. Target besar itu pula yang menjadi alasan intensitas kunjungan kubu Prabowo-Sandi ke Pasuruan.

Diketahui, saat pada pilpres lalu, total suara sah di Kabupaten Pasuruan mencapai 819.655 suara. Dari angka itu, Prabowo unggul dengan perolehan 474.725. Sedangkan Jokowi, meraih 344.930 suara. (asd/asd)