Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Bimtek Gerakan Literasi Nasional di Pasuruan

0
282

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan pelajar ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) gerakan literasi nasional yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan literasi di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung mulai 10-11 April 2019 ini di gelar di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan. Peserta yang terdiri dari pelajar SMA, SMK, Mahasiswa dan santri se-Pasuruan sangat antusias mendengarkan narasumber memberikan bimbingan.

“Harapannya agar bisa menjadi ujung tombak untuk menyemarakan literasi di kalangan Sekolah, Universitas maupun komunitas-komunitas lainnya,” ujar Arif Izzak, Ketua Panitia, Kamis (11/4/2019).

Dalam kegiatan tahunan ini, Balai Bahasa Jawa Timur menghadirkan beberapa narasumber. Mulai dari peneliti Bahasa, hingga para pegiat literasi.

Pada bimbingan ini ditekankan bahwa kegiatan membaca dan menulis membutuhkan konsistensi dan proses panjang. Hal tersebut supaya bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan diterima oleh masyarakat dengan baik.

Sekedar informasi, kegiatan literasi merupakan program unggulan nasional di Jawa Timur. Literasi yang diutamakan adalah literasi dasar, yakni keterampilan dan budaya baca tulis yang dikaitkan dengan teknologi digital. Masyarakat dapat memiliki wawasan dalam memilah dan memilih informasi, yang selanjutnya bisa direspon dengan tetap berpegang pada nilai-nilai kearifan lokal kesantunan. (don/**)