Jokowi ke Kalimantan, Tinjau “Calon” Ibu Kota Baru

1145

Jakarta (wartabromo.com) – Joko Widodo bertolak ke Kalimantan pada Selasa (7/5/2019). Ia akan melakukan peninjauan beberapa lokasi yang disebut-sebut akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia.

“Meninggalkan Jakarta pagi ini menuju Kalimantan. Saya hendak meninjau beberapa lokasi yang menjadi alternatif ibu kota negara yang baru,” ujar Jokowi melalui akun Twiternya.

Sekedar diketahui, ada 3 kota yang menjadi alternative lokasi Ibu Kota yang baru. Yakni di Provinsi Kalimantan Tengah, Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, dan terakhir Bukit Soeharo, Provinsi Kalimantan Timur.

“Sejauh ini sudah tiga alternative daerah yang lahannya siap untuk menjadi ibu kota baru. Ada yang 80.000 hektare, 120.000 hektare, ada juga yang 300.000 hektare. Lahan seluas itu lebih dari cukup, mengingat DKI Jakarta sendiri memiliki luas sekitar 66.000 hektare.

Meski begitu masih banyak yang harus melalui proses seleksi lebih lanjut. Putusan juga masih harus melalui konsultasi dengan lembaga-lembaga negara yang terkait, seperti DPR. (may/ono)