Ingin Tetap Fit Saat Puasa? Ini Tipsnya

0
409
Ilustrasi puasa. (Foto: Yukepo.com)

Pasuruan (wartabromo.com) – Umat Muslim di seluruh dunia saat ini tengah berpuasa. Tentunya, asupan makanan dan minuman tak diterima tubuh selama seharian. Lalu bagaimana cara tubuh tetap bugar selama Ramadan?

Asupan nutrisi makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar tetap sehat dan fit bersaat puasa.

Dokter Shierly Marlena, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan memberi tips agar tubuh tidak lemas dan tetap fit di kala menjalankan ibadah puasa.

  1. Jangan Pernah Lewatkan Sahur
    Sahur sangatlah penting dilakukan Melewatkan waktu sahur ibarat memperpanjang waktu berpuasa, akibatnya tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Sehingga tubuh akan lebih cepat merasa letih. Menyantap makanan yang mengandung banyak air saat santap sahur juga sangat baik dilakukan untuk mencegah dehidrasi.
  2. Hindari Makanan Terlalu Asin, Manis bahkan Berlemak
    Makanan yang terlalu manis dengan kadar gula tinggi dapat memicu rasa lelah dan ngantuk. Begitu pula dengan makanan berlemak dan asin yang dapat menimbulkan dehidrasi. Makanan dan minuman manis memang diperlukan untuk menormalkan kadar gula yang turun selama seharian berpuasa, namun tentu harus dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan.
  3. Saat Berbuka, Jangan Langsung Makan Besar
    Saat tiba berbuka puasa, sebaiknya jangan langsung menyantap makanan utama. Makanlah secara bertahap, mulai dari air putih dan sedikit makanan manis. Selang 30-60 menit barulah boleh makan besar. Biasakan minum minuman hangat saat berbuka. Air dingin yang diminum saat perut dalam kondisi kosong, dapat memicu kenaikan asam lambung.
  4. Lakukan Olah raga Ringan
    Berolahraga sangat dianjurkan saat berpuasa, karena dapat mengalirkan aliran darah dan menjaga kebugaran tubuh. Olah raga dapat dilakukan secara rutin, tetapi tetap batasi porsinya. Lakukan olah raga selama 15 hingga 20 menit menjelang berbuka puasa.
  5. Cukupkan Istirahat
    Jika memiliki waktu cukup, sempatkan untuk mengisitirahkatkan tubuh. Tidur singkat dan berkualitas selama 20-30 menit di siang hari akan kembali memulihkan energi selama seharian digunakan.

Umat muslim Indonesia yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, selama hampir 14 jam tak menerima asupan makanan maupun minuman.

Sementara, berpuasa merupakan salah satu cara proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun, proses detoksifikasi ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat selama berpuasa.

Nah, gimana BoloWarmo. Semoga tips ini bermanfaat ya? (ptr/ono)