Lelehan Lilin Diduga Pemicu Kebakaran Kelenteng di Kota Probolinggo

719

Probolinggo (wartabromo.com) – Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kota Probolinggo kebakaran. Lelehan lilin diduga penyebab hangusnya hampir seluruh bagian tempat ibadat tersebut.

“Informasi yang kami peroleh, api berasal dari lilin yang mencair kemudian kena spanduk,” ujar AKBP Alfian Nurrizal, Kapolres Probolinggo Kota, Jumat (17/5/2019).

Api dan lelehan lilin yang mengenai spanduk itu, memunculkan kobaran api dan cepat menjalar ke setiap sudut ruang utama tempat ibadat. Setidaknya, ada tiga gedung yang menjadi sasaran amukan api.

Tim pemadam kebakaran (PMK) dibantu kepolisian, warga, bahkan aparatur TNI harus berjibaku dengan api dan menjinakkannya setelah lebih 3 jam.

Amukan si jago merah hampir meluluhlantakkan seluruh bagian tempat ibadat kaum ajaran Konghucu itu. Sejumlah patung Dewa terlihat rusak berada di puing bangunan kelenteng.

Sekadar diketahui, api awal terlihat di salah satu tenda sisi barat kelenteng, sekitar pukul 23.30 WIB. Warga yang mengetahui api mulai merembet ke ruang utama ibadat segera meminta pertolongan. Petugas PMK yang mendapat laporan pun segera meluncur ke lokasj kejadian, pukul 00.15 WIB. (bel/ono)