Kampanye Pendidikan Inklusif, DP3AKB Kota Pasuruan Buka Puasa Bersama Anak Berkebutuhan Khusus

853

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan gelar buka puasa bersama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kegiatan ditujukan untuk gaungkan pendidikan inklusif.

Melibatkan puluhan anak yang tergabung dalam Forum Anak Kota Pasuruan, sosialisasi pendidikan inklusif kepada masyarakat luas ini dilakukan di Kantor Kesekretariatan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Pasuruan, Sabtu (25/5/2019).

Sugiarti, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan mengatakan, kampanye pendidikan inklusif sangat penting dilakukan agar masyarakat semakin sadar, bahwa semua anak yang terlahir di dunia memiliki keistimewaan dan hak yang sama.

“Setiap anak mempunyai hak yang sama karena setiap anak terlahir istimewa,” ungkapnya di sela acara kampanye pendidikan inklusif.

Kegiatan yang dilakukan atas kerjasama dengan Unichef ini, dimaksudkan agar masyarakat tidak lagi melakukan diskriminasi terhadap ABK.

“Saat ini ABK sudah tidak boleh lagi dibeda-bedakan, mereka semua sama, mereka sangat bisa sekolah di sekolah reguler,” imbuhnya.

Kampanye pendidikan inklusi ini dilakukan agar tidak ada pembedaan karena semua anak memiliki hak pendidikan yang sama, tanpa ada perbedaan.

DP3AKB sengaja mengundang 5 ABK dari SD Al Kautsar untuk menunjukkan bakat-bakatnya yang luar biasa. Seperti mengaji dan menghafal Alquran.

“Mereka sangat istimewa, sekolah di tempat reguler pun mereka mampu menunjukkan bakat yang luar biasa,” ungkap Sugi.

Selain itu, kegiatan buka bersama untuk mengkampanyekan pendidikan inklusif ini juga dibarengi dengan kegiatan berbagi takjil kepada pengguna jalan, agar langsung tersampaikan kepada masyarakat, mengenai pentingnya pendidikan inklusif. (ptr/**)